Sekolah Bisnis Online

4 Jenis Penelitian Online Ini Mempermudah Kelulusanmu di tahun 2023 ini

jasa sebar kuesioner online – Bagi kamu yang sedang menempuh masa pendidikan dari sekolah menengah hingga kuliah. Pasti sudah tidak asing lagi dengan kegiatan tulis menulis makalah. Tugas makalah tersebut merupakan implementasi dari penelitian yang sudah dikerjakan. 

Secara definisi penelitian merupakan salah satu cara untuk mengembangkan atau memajukan sebuah sistem. Sistem yang dimaksud adalah sebuah tatanan atau pengetahuan yang sudah ada. 

Misalnya, ada pengetahuan tentang berolahraga membuat tubuh lebih sehat. Hasil dari penelitian tersebut nantinya akan ditindaklanjuti untuk membuktikan dan mengembangkan pengetahuan tersebut. Melalui penelitian, kita bisa mencari tahu variabel apa yang nantinya bisa diubah sehingga bisa mengembangkan pengetahuan tersebut.

Berikut jenis-jenis penelitian yang bisa membantu mempermudah kelulusanmu:

Jenis-jenis Penelitian Online/Offline

1 Penelitian Kualitatif 

Jenis penelitian ini memiliki deskriptif, dan penelitian ini lebih cenderung menggunakan analisis. Dalam penelitian kualitatif proses dan makna lebih banyak ditonjolkan dengan menggunakan lkamusan teori sebagai panduan untuk fokus pada penelitian berdasarkan fakta yang ada di lapangan. 

Peran dari lkamusan teori teramat penting demi menambahkan gambaran umum secara luas mengenai latar penelitian dan sebagai bahan sebuah pembahasan dari hasil penelitian. Penelitian kualitatif memiliki objek penelitian yang cukup terbatas. 

Dalam penelitian kualitatif, peneliti harus ikut serta dalam kondisi atau peristiwa yang diteliti, hal ini karena hasil dari penelitian kualitatif membutuhkan analisis yang mendalam dari peneliti. 

Ada sejumlah metode yang bisa dipakai dalam penelitian kualitatif, yaitu metode fenomenologi, metode grounded theory, metode etnografi, metode studi kasus, dan metode narrative research. Metode narrative research adalah metode penelitian di mana si peneliti melakukan sebuah studi pada seseorang untuk mendapatkan data dari sejarah perjalanan kehidupannya.

2 Penelitian Kuantitatif 

Berikutnya dalam jenis-jenis penelitian adalah kuantitatif. Penelitian ini melakukan investigasi secara sistematis untuk meneliti sebuah fenomena dengan cara mengumpulkan data-data yang bisa diukur menggunakan ilmu statistik, matematika dan komputasi. 

Penelitian kuantitatif memiliki tujuan untuk mengembangkan teori hipotesis yang memiliki kaitan dengan fenomena-fenomena alam. Dalam konsep penelitian kuantitatif, pengukuran adalah yang menjadi pusat penelitian. Hal ini karena hasil pengukuran dapat membantu untuk melihat adanya hubungan antara pengamatan empiris dengan hasil dari data-data. penelitian kuantitatif juga mempunyai tujuan untuk membantu menemukan hubungan antara variabel yang ada dalam sebuah populasi. 

Metode juga dilakukan sealami mungkin, sehingga perbedaan variabel akan terlihat jelas. Sementara itu, metode deskriptif adalah metode yang digunakan dalam penelitian untuk menyampaikan fakta dengan cara mendeskripsikan dari apa yang diperoleh. Peneliti cukup menuliskan laporan pkamungan mata, dengan menggambarkan subjek dan objek yang sedang diteliti.

3 Penelitian Deskriptif

Dalam penelitian deskriptif akan digambarkan mengenai karakteristik dari suatu populasi atau sebuah fenomena yang menjadi objek penelitian. Metode penelitian deskriptif lebih fokus pada menjelaskan objek penelitiannya, sehingga penelitian ini akan menghasilkan jawaban dari sebuah peristiwa yang terjadi. 

Adapun tujuan utama dari jenis penelitian ini adalah untuk memberi penjelasan dan menggambarkan fenomena atau peristiwa yang diteliti. Kriteria yang dimiliki oleh penelitian deskriptif yaitu masalah yang dirumuskan harus layak untuk diteliti. 

Rumusan masalah yang ingin diangkat harus dikaji terlebih dahulu apakah rumusan masalah tersebut memiliki nilai ilmiah. Penelitian dengan metode deskriptif juga tidak boleh terlalu luas tujuan penelitiannya. Tujuannya harus sangat spesifik sehingga hasil dari penelitiannya lebih fokus. Jika tujuan penelitian deskriptif kurang spesifik, maka bisa jadi penjelasannya terlalu panjang dan pembahasannya terlalu luas. Selain itu, data yang digunakan juga berupa fakta, sama dengan jenis penelitian yang lain. 

Peneliti yang melakukan penelitian deskriptif harus terjun langsung kelapangan sehingga bisa melihat dan mendata sendiri data-data penelitian yang dibutuhkan. Sehingga bisa terlihat apakah benar-benar sesuai fakta, selain itu hal ini juga lebih mudah untuk peneliti dalam menuangkannya ke dalam laporan penelitian. Stkamur pembanding dalam penelitian deskriptif juga harus memiliki validasi sehingga tidak ada unsur opini.

4 Penelitian Online Campuran

Di nomor empat ada jenis penelitian campuran. Dari definisinya penelitian campuran memiliki arti proses penggabungan penelitian bentuk kuantitatif dan kualitatif. Penelitian campuran ini lebih kompleks dibandingkan penelitian-penelitian yang disebutkan di atas, karena pada penelitian ini tidak hanya mengumpulkan dan menganalisis data namun juga melibatkan fungsi-fungsi dari penelitian kuantitatif dan kualitatif. 

Metode penelitian campuran juga memiliki tujuan untuk mendapatkan hasil statistik kuantitatif dari suatu objek penelitian tertentu dan kemudian akan ditindaklanjuti dengan mengobservasi individu untuk memperoleh hasil yang lebih mendalam. 

Tidak jauh beda dengan jenis-jenis penelitian sebelumnya. Penelitian campuran juga memiliki beberapa metode yang bisa digunakan. Ada metode campuran sekuensial, metode ini adalah prosedur dimana peneliti akan menggabungkan penemuan yang diperoleh dari satu metode dengan penemuan dari metode lainnya. Misalnya, peneliti bisa terlebih dahulu menggunakan metode kualitatif lalu dilanjutkan dengan metode kuantitatif. 

Demikianlah jenis-jenis penelitian yang bisa dipraktikkan dalam proses pengerjaan tugas ilmiah. Selain jenis-jenis penelitian yang telah disebutkan di atas ada pula jenis penelitian seperti simulasi, historis dan kultural. Jenis penelitian ini tentunya harus memiliki dasar yang sesuai dengan penelitian yang ingin dilakukan.

Survey Center bisa membantu kamu melakukan tahapan survei dan sebar kuesioner online dengan lebih praktis! Mulai riset mu dengan lebih dalam dan akurat dengan sekarang!

Recent Post

Scroll to Top