Sekolah Bisnis Online

6 Langkah Feasibility Study Hotel

feasibility study hotel

Feasibility study hotel merupakan sebuah langkah penting dan wajib dilakukan bagi pemilik bisnis mana saja. Karena, dengan bantuan studi kelayakan maka usaha hotel Anda dapat berjalan dengan baik, penuh perhitungan sehingga bisnisnya akan bertahan dalam waktu yang lama. Jika memungkinkan, bisnis hotel ini akan semakin besar dan merambah ke berbagai daerah.

Akan tetapi, Anda perlu bagaimana tahapan studi kelayakan pada hotel tersebut. Mengapa? Karena dengan demikian Anda bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan studi ini beserta memperkirakan biaya jasa tersebut.

Beberapa Langkah Feasibility Study Hotel

Studi kelayakan merupakan rangkaian kegiatan yang menilai suatu usaha apakah layak atau tidak. Oleh karena itu, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan, antara lain:

1. Analisa Lokasi

Hal ini sangatlah penting, karena lokasi memiliki peran besar dalam menentukan layak atau tidaknya bisnis hotel yang akan dibangun. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk hal ini yaitu akses, transportasi, SDM yang dapat diperoleh serta letaknya strategis atau tidak.

2. Perhitungan Biaya

Berikutnya adalah penghitungan biaya yang harus dikeluarkan. Biaya ini meliputi pembebasan lahan, izin usaha, biaya tenaga kerja, peralatan, bahan baku dan lainnya. Hal ini perlu diperhitungkan sedari dini agar Anda bisa mempersiapkan dana yang realistis dari awal.

3. Investigasi Supply dan Demand Untuk Hotel di Wilayah Tersebut

Feasibility study hotel satu ini penting agar Anda bisa melihat peluang dan tantangan bisnis ini di daerah tertentu. Tentunya setiap tempat memiliki permasalahan yang berbeda. Namun, dengan melakukan analisa dan investigasi yang baik maka Anda bisa melihat berbagai peluang yang ada serta siapa saja pesaingnya. Hal ini juga memudahkan Anda untuk melihat pangsa pasar yang bisa diperoleh.

4. Menentukan Biaya Ruangan Hotel Serta Tingkat Pendapatan Per-tahunnya

Setelah menentukan 3 hal di atas, maka langkah selanjutnya adalah memperkirakan biaya ruangan hotel Anda dengan baik. Selain itu, buatlah target pendapatan setiap tahunnya. Karena dengan target yang jelas, maka Anda bisa bekerja dengan lebih baik untuk memperoleh target tersebut.

Hal ini akan mempengaruhi pada kualitas pelayanan dan produk untuk hotel tersebut. Karena, jika customer puas akan pelayanan hotel Anda maka hotel ini akan semakin banyak dikenal dan pengunjung akan terus berdatangan.

5. Membuat Sumber Pendapatan Hotel dan Proyeksi Penghasilannya

Setiap hotel pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satunya adalah ukuran dan kelengkapan pelayanan yang ada. Biasanya sumber pendapatan dari hotel ada 2 yaitu sewa ruangan serta makanan yang disajikan. Namun, Anda bisa membuat sumber pendapatan lainnya seperti spa, massage, AT dan lainnya. Tentu hal ini harus disesuaikan dengan kemampuan hotel tersebut.

6. Menentukan Proyeksi ROI

ROI ini penting untuk menarik perhatian para investor. Karena dengan bantun investor maka pembangunan hotel akan berjalan lebih lancar dari sebelumnya.

Itulah 6 langkah feasibility study hotel yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui hal ini, maka usaha dan bisnis hotel Anda dapat berjalan dengan baik untuk waktu yang sangat lama.

Recent Post

Scroll to Top