Sekolah Bisnis Online

Analisa Pasar pada Studi Kelayakan Bisnis

Studi kelayakan bisnis merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mempelajari lebih dalam pada usaha yang akan dikerjakan, dengan harapan untuk melihat kelayakan dari produk bisnis tersebut. Secara umum tujuan dari dari studi kelayakan adalah untuk membuat usaha yang akan dijalankan berjalan sesuai dengan tujuan utama baik dalam jangka waktu pendek maupun jangka panjang. Adapun kegiatan studi kelayakan biasanya dilakukan pada pra-perencanaan bisnis. Sehingga pada saat perencanaan bisnis sudah mempunyai data yang kuat untuk menjalankan usaha tersebut.

sumber : pexels.com

Terdapat 4 aspek penting yang menjadi faktor pendukung pembuatan laporan studi kelayakan bisnis. Aspek pasar, aspek internal perusahaan. Aspek hukum dan legalitas, serta spek dampak lingkungan eksternal. Penilaian aspek pasar penting karena tidak ada proyek bisnis yang sukses tanpa permintaan barang / jasa yang dihasilkan oleh proyek. Secara umum analisa aspek pasar diperuntukkan untuk mengetahui seberapa besar permintaan pasar dan juga pangsa pasar yang ada. Pembahasan aspek studi kelayakan dimulai dengan aspek pasar dan pemasaran. Pada aspek internal perusahaan terdapat beberapa aspek pendukung yang berkaitan dengan kinerja dari perusahaan, seperti aspek pemasaran, aspek teknis dan teknologi, aspek SDM, aspek manajemen, aspek keuangan, serta aspek ekonomi dan budaya. Dalam aspek hukum dan legalitas berkaitan dengan perizinan secara legal untuk keberadaan usaha tersebut didirikan. Aspek terhadap dampak lingkungan menjadi analisis yang penting, karena dalam setiap usaha yang akan dijalankan pastinya mempunyai dampak terhadap lingkungan sekitar. Baik itu pada alam maupun pada manusia secara langsung.

Pentingya Analisa pasar pada Studi Kelayakan Bisnis

sumber : pexels.com

Sebelum Anda terjun kedalam suatu bisnis, Anda harus paham mengenai pasar. Dengan Anda mengetahui tentang pasar dan dapat melakukan analisa tentang pasar, Anda dapat mengetahui tentang kondisi pasar, baik itu tentang permintaan pasar, segmentasi pasar, hingga pemasaran. Sehingga Anda dapat membuat strategi yang sesuai untuk bisnis yang akan Anda jalankan. Analisis pasar adalah kegiatan menganalisis atau mengatur untuk mempelajari berbagai masalah tentang kondisi pasar. Analisis pasar ini merupakan hal penting yang harus diketahui oleh semua orang dan juga menjadi dasar dan fondasi untuk strategi pemasaran selanjutnya. Penentuan target pasar ini sangat penting karena perusahaan tidak dapat melayani semua konsumen atau pembeli di pasar. Ada terlalu banyak pembeli dengan beragam kebutuhan dan keinginan, sehingga perusahaan harus mengidentifikasi bagian pasar mana yang akan dijadikan target pasar.

Langkah Analisa Pasar pada Studi Kelayakan Bisnis

sumber : pexels.com

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan dalam melakukan analisa pasar untuk memperoleh hasil yang maksimal.

  1. Menentukan pasar yang relevan

Umumnya ada banyak jenis produk yang diminati oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sebagian besar produk di pasaran memiliki pilihan alternatif lain. Misalnya, di sektor transportasi, antara 2 maskapai penerbangan yang saling menggantikan satu sama lain. Sedangkan kereta api adalah pilihan alternatif yang dapat digunakan untuk sarana transportasi.

  1. Menganalisa permintaan primer
sumber :pexels.com

Dengan perumpamaan sarana transportasi diatas, Anda dapat menganalisa pilihan konsumen tersebut. serta melihat faktor apa yang menjadikan konsumen memilih sarana transportasi tersebut.

  1. Menganalisa permintaan selektif

Pada tahap ini, Anda harus melakukan analisa pada konsumen, tentang keloyalan konsumen untuk salah satu brand, serta mencari akar permasalahannya.

  1. Menetapkan segmen pasar

Setelah semua data diatas terkumpul, Anda hanya perlu membuat pengelompokkan untuk tiap-tiap konsumen pada segmen pasar yang sesuai. Agar produk usaha Anda tepat sasaran.

  1. Menganalisa persaingan

Anda bisa membandingkan tingkat persaingan dengan produk yang Anda miliki, sehingga nantinya produk Anda tidak akan rugi ketika bersaing di pasar. Cari semua kekuatan dan kelemahan produk pesaing, kemudian terapkan pada produk yang Anda miliki sehingga Anda memiliki produk yang lebih baik daripada pesaing

  1. Indentifikasi target potensial

Jika semua yang Anda lakukan, langkah terakhir adalah mengidentifikasi pelanggan potensial untuk menciptakan konsumen yang puas dan loyal terhadap produk yang Anda miliki.

 

Recent Post

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif di Lingkungan Kerja yang Terus Berkembang: Kunci Keberhasilan Kepemimpinan Dalam menghadapi lingkungan kerja yang terus berkembang, pemimpin harus beradaptasi dengan cepat,

Read More »
Scroll to Top