Sekolah Bisnis Online

Apa Saja Praktik Digital Marketing?

digital marketing

Digital marketing merupakan serangkaian kegiatan pemasaran yang dalam prosesnya menggunakan bantuan teknologi. Pemasaran seperti ini memang diperuntukkan untuk calon pelanggan yang biasa online baik itu di website, media sosial dan lainnya. Oleh karena itu, peluang pemasaran secara digital tidak mengenal batas dan memberikan kesempatan yang besar bagi siapa saja.

Walaupun terkesan mudah, bukan berarti setiap orang bisa melakukan pemasaran digital dengan baik. Oleh karena itu, Anda bisa mengikuti sekolah digital marketing ataupun kursus digital marketing untuk memperoleh kemampuan pemasaran digital yang baik, efektif dan efisien. Selain itu, melalui sekolah tersebut Anda juga bisa mengetahui apa saja praktik marketing ini serta apa yang perlu dilakukan agar strategi pemasaran digital dapat terlaksana dengan baik.

Beberapa Praktik Digital Marketing

Pemasaran secara digital merupakan kebutuhan mutlak untuk usaha bisnis apapun. Terutama bagi Anda yang ingin bisnisnya dikenal oleh orang banyak. Karena pelanggan yang dimiliki akan meningkat drastis terlepas usaha Anda berada jauh di daerah. Inilah salah satu alasan mengapa pemasaran secara digital harus Anda geluti.

Untuk menerapkan pemasaran ini ternyata membutuhkan berbagai keahlian. Namun, terdapat beberapa praktik digital marketing yang perlu untuk Anda ketahui, yaitu:

1. Sosial Media Marketing

Mungkin beberapa dari Anda belum mengetahui hal ini. Namun, marketing di sosial media merupakan bagian penting dari digital marketing. Mengapa? Karena banyak pengguna internet memiliki sosial media baik itu Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya. Mengetahui banyaknya pemakai media sosial, tentu sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan untuk memasarkan produk ataupun jasa.

Oleh karena itu, muncullah banyak usaha baru hanya dengan bermodalkan sosmed semata. Bahkan beberapa diantaranya menjadi kaya dari marketing di media sosial. Namun, Anda membutuhkan konten yang baik, produk yang menarik, strategi pemasaran serta tawaran yang menarik agar dapat menarik perhatian para calon pelanggan. Bangunlah brand Anda dengan baik melalui sosial media ini agar semakin dikenal para user lainnya.

2. Search Engine Optimization (SEO)

Praktik digital marketing melalui SEO sebenarnya sudah lama berlaku sampai saat ini. Hanya saja, aturan main SEO ini terus berkembang sehingga Anda harus selalu belajar menerapkan strategi dan teknik SEO yang baik. Fungsi SEO adalah mengoptimasi website atau halaman website tertentu agar berada di puncak mesin pencari sehingga trafiknya meningkat drastis.

Mengapa hal ini penting? Karena website dengan peringkat teratas memiliki jumlah pengunjung terbanyak. Pengunjung tersebut akan melihat apa saja produk dan jasa yang ditawarkan. Jika mereka tertarik maka penjualan Anda akan meningkat. Inilah alasan utama mengapa setiap website harus dioptimasikan dengan baik.

3. Konten Marketing

Praktik marketing selanjutnya adalah konten marketing. Dari namanya Anda bisa menebak bahwa pemasaran jenis ini berupaya untuk mengenalkan merek, produk dan layanan melalui konten yang dibuat. Biasanya marketing jenis ini diterapkan dalam bentuk ebook, infografis, artikel, postingan web ataupun blog dan lainnya. Hal yang sama juga berlaku di sosial media. Namun, bentuknya dibuat lebih ramping, kompak dan lebih menarik agar user lain tertarik membacanya.

4. Paid Per Click Digital Marketing

Praktik berikutnya adalah PPC (paid per click). Cara ini dilakukan untuk menggenjot popularitas website Anda dengan membayar kepada ke Google AdWords. Jadi, jika orang lain membuka website tertentu maka mereka akan otomatis terarahkan ke website Anda.

Itulah 4 praktik digital marketing yang perlu Anda ketahui dan pahami. Tentu masih banyak lagi praktik pemasaran digital lainnya. Karena, perkembangan teknologi memungkinkan Anda untuk melakukan pemasaran ini dengan lebih mudah, fleksibel dan pastinya lebih efisien.

Recent Post

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif di Lingkungan Kerja yang Terus Berkembang: Kunci Keberhasilan Kepemimpinan Dalam menghadapi lingkungan kerja yang terus berkembang, pemimpin harus beradaptasi dengan cepat,

Read More »
Scroll to Top