Bahaya Kegagalan Analisis Studi Kelayakan Bisnis

Telah dijelaskan pada beberapa artikel sebelumnya bahwa masih ada peluang dalam kegagalan analisis studi kelayakan bisnis yang telah dibuat, baik secara perorangan ataupun dengan bantuan lembaga konsultan.

Meski demikian, tak serta merta dapat pula diartikan bahwa membuat studi kelayakan bisnis menjadi tidak penting dan tidak berguna sebab masih saja ada peluang gagal. Atau semacam pemikiran bahwa ada ataupun tidak ada studi kelayakan bisnis akan tetap berjalan dengan resiko gagal atau lancar-lancar saja ke depannya. Sungguh ini adalah pemikiran yang salah sebab menjalani studi kelayakan bisnis sudah barang tentu sangat berguna bagi bisnis Anda tersebut, hanya saja lebih bijaklah dalam membuat analisis studi kelayakan bisnis tersebut.

Jika Anda telah terlanjur membuat studi lekayakan bisnis, perhatikan beberapa ciri-ciri kegagalan analisis studi kelayakan bisnis yang mungkin ada dan terjadi pada Anda, seperti kesimpulan analisis terlalu mencolok, penjelasan tak jelas, opini pribadi merajalela, dan daftar resiko tak dipaparkan.

Adapun beberapa bahaya kegagalan analisis studi kelayakan bisnis yang dapat kami rangkum ialah sebagai berikut :

  1. Usaha yang telah dibuka sangat sulit untuk berkembang
  2. Usaha yang telah dibuka rentan pada kegagalan shingga akhirnya tutup atau gulung tikar
  3. Pengelola atau owner usaha tidak memiliki kesiapan mengenai berbagai tantangan dan rintangan yang ada pada saat usaha atau bisnis sedang berlangsung
  4. Pengelola atau owner usaha tidak memiliki kesiapan untuk menangkap peluang-peluang baru sebagai tingkat inovasi untuk lebih mengembanagkan usaha atau bisnis sedang berlangsung

Dari 4 point di atas sebenarnya sangat berkaitan satu sama lain. Coba perhatikan point nomor 1 dan nomor 4 dimana pada point tersebut dijelaskan bahwa bahaya kegagalan analisis studi kelayakan bisnis dapat membuat dampak bagi usaha yang telah dibuka sangat sulit untuk berkembang sebab pengusaha atau owner tidak memiliki kesiapan untuk menangkap peluang baru. Lalu, perhatikan pula point nomor 2 dan nomer 3 dimana pada point tersebut dijelaskan bahwa bahaya kegagalan analisis studi kelayakan bisnis dapat membuat dampak bagi usaha yang telah dibukarentan pada kegagalan shingga akhirnya tutup atau gulung tikar sebab pengelola atau owner usaha tidak memiliki kesiapan mengenai berbagai tantangan dan rintangan yang ada pada saat usaha atau bisnis sedang berlangsung.

Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan tak lengkapnya hasil analisis yang telah dilakukan pada studi kelayakan bisnis sebelumnya. Untuk itu,  kami menawarkan jasa untuk berkonsultasi mengenai studi kelayakan bisnis pada usaha Anda di Grapadi Konsultan dimana Anda akan dijelaskan oleh para staf profesional sehingga akan meminimalisir kesalahan dan kegagalan seperti yang telah dipaparkan sebelumnya. Selain itu, Anda juga akan diberikan beberapa review dan refrensi bisnis terpercaya sebagai fasilitator yang bisa dijadikan acuan dan pedoman bagi Anda dalam menjalani bisnis tersebut.

Ingatlah selalu peribahasa “mencegah lebih baik daripada mengobati” atau bisa juga memegang statement “Berkorbanlah sedikit di awal agar mendapat hasil yang terbaik di akhir”. Kira-kira dua kalimat itulah yang bisa Anda pikirkan kembali dalam mengambil keputusan untuk studi kelayakan bisnis.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat Datang Di Grapadi Konsultan
WhatsApp
ArabicChinese (Simplified)DutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanPortugueseSpanish