Sekolah Bisnis Online

Cara Membuat Iklan Facebook untuk Tingkatkan Penjualan

Kamu mulai kesulitan untuk menjual produk atau jasamu secara organik? Sekarang kamu bisa lebih maksimal melakukan penjualan dengan menggunakan Facebook Ads.

Hampir semua media sosial yang tidak hanya berbasis pada layanan pengiriman pesan seperti Twitter, Instagram, dan Facebook memiliki iklan berbayar. Iklan-iklan berbayar ini menjadi salah satu strategi komersial yang dimiliki berbagai media sosial dan juga mempermudah proses bisnis melalui pemasaran yang lebih terarah, salah satunya adalah Facebook Ads. Yuk, kita bahas soal Facebook Ads dan cara membuat iklan di Facebook.

Apa itu Facebook Ads?

Pada dasarnya, Facebook Ads merupakan layanan iklan berbayar lewat media sosial Facebook. Menurut Instapage, Facebook mendapati data bahwa ada 1,32 miliar pengguna aktif harian di platform mereka yang membuat investasi untuk Facebook Ads.

Selain potensi profit, Facebook Ads hadir dengan model iklan pay per click (PPC) dimana pengguna membayar jaringan setiap kali ada yang mengklik iklan. Facebook Ads membantu para pengiklan untuk memasarkan produknya dengan visibilitas tinggi di Facebook. Peningkatan basis pengguna, grup konsumen, dan juga celah kontrol iklan berbasis kebiasaan pengguna di media sosial menjadi salah satu keunggulan Facebook Ads.

Dilansir Adweek, pengguna Facebook rata-rata menghabiskan waktu sekitar 35 menit di platform media sosial tersebut. Jumlah ini berada di urutan tertinggi kedua setelah YouTube. Dengan kata lain, rata-rata seorang pengguna Facebook memiliki potensi sekitar setengah jam untuk dapat “terpapar” oleh Facebook Ads setiap harinya. Rentang waktu ini amat penting digunakan oleh para pebisnis dalam memasarkan produknya.

Secara umum, Facebook Ads merupakan iklan yang dijalankan secara eksklusif melalui platform Facebook. Facebook Ads muncul di berkamu pengguna Facebook dan juga di berbagai aplikasi turunannya seperti Messenger. Facebook Ads muncul dalam format gambar, video, slide, dan sejenisnya dan menargetkan pada audiens dengan sangat spesifik tergantung kebiasaan pengguna.

Kenapa harus beriklan di Facebook?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Facebook Ads umumnya diakses banyak pengguna dalam waktu cukup lama yaitu sekitar 35 menit setiap harinya.

Pengguna aktif bulanan Facebook yang terus meningkat dengan banyak data pengguna seperti usia, lokasi, dan minat di setiap akun membuat Facebook Ads menjadi amat relevan untuk dijadikan alat pemasaran. Facebook Ads memiliki peluang yang besar untuk dilihat oleh target audiens sebagai calon konsumen. Penyesuaian produk yang ditawarkan dengan data pengguna juga dapat membantu pengiklan untuk mendapatkan calon pelanggan spesifik.

Mulai membuat iklan di Facebook

  1. Membuat Halaman Facebook

    Masuk ke Facebook, lalu pilih menu Halaman dan buat halaman baru. Pilih jenis halaman yang paling sesuai dengan bisnis kamu. Lengkapi informasi yang diperlukan. Setelah membuat halaman Facebook, kamu dapat mulai membuat iklan Facebook.

  2. Login ke Facebook Ads Manager

    Langkah selanjutnya, masuk ke halaman Pengelola Iklan Facebook lalu login dengan akun Facebook yang akan digunakan untuk mengelola iklan.

  3. Buat dan Tentukan Kampanye Iklan

    Ada tiga langkah dasar untuk membuat iklan Facebook. Mulailah dengan kampanye (campaign), ad set, dan ads. Kampanye (campaign) berorientasi pada tujuan (objective). Misalnya, kamu dapat memilih untuk meningkatkan lalu lintas situs web untuk mendorong orang mengunjungi situs kamu. Akan ada satu atau beberapa ad set di setiap kampanye.

    Kamu dapat membuat Ad set yang menyertakan satu atau beberapa audiens target. Orang-orang di Jakarta, misalnya, menjadi ad set 1. Ad set 2 terdiri dari orang-orang yang tinggal di Bandung. Setiap Ads (iklan) mungkin memiliki gambar, tautan, atau teks yang berbeda.

    Kampanye/Campaign > Buka tab Kampanye dan klik Buat. Tentukan tujuan iklan yang ingin kamu capai. Tersedia 3 tujuan berbeda untuk Facebook Ads, Awareness, Consideration dan Convertion.

    Ad Set/Set Iklan
    Di sini, kamu dapat menentukan jumlah anggaran. kamu juga dapat memilih antara Anggaran Harian atau Anggaran Sepanjang Masa Promosi. Selain itu, tentukan target audiens yang ingin kamu tuju. Target ini dapat diatur berdasarkan lokasi, jenis kelamin, usia, dan detail target lainnya seperti demografi, minat, ataupun behavior di media sosial.

    Ads/Iklan
    Selanjutnya, isi Nama Iklan serta Identitas Halaman Facebook dan Akun Instagram > Penyiapan Iklan > Pilih Buat Iklan dan format yang diinginkan.

    Untuk Materi Iklan, pilih gambar atau video yang diinginkan. Perhatikan pula rekomendasi spesifikasi gambar yang disarankan Facebook. Gambar dengan terlalu banyak teks  dapat mengalami penurunan tayang atau bahkan tidak ditayangkan sama sekali. Cek terlebih dahulu gambar seperti apa yang dapat kamu gunakan di pemeriksaan teks gambar Facebook.

    Selanjutnya, tentukan destinasi yang dituju dari iklan tersebut. Misalnya saja website atau Facebook Page, lalu tentukan Call-To-Action (CTA) yang sesuai. misalnya CTA berupa: Tekan Di Sini, Informasi Selengkapnya, Beli Sekarang, dan lain-lain. Proses selesai! Kini iklan Facebook kamu siap meluncur. Klik tombol Terbitkan.

  4. Lakukan Pembayaran Iklan

    Proses terakhir dari pembuatan Facebook Ads adalah melakukan pembayaran.

Itu dia proses pembuatan iklan di Facebook. Kalau kamu masih bingung dan membutuhkan bantuan dalam melakukan digital marketing Grapadi School dengan senang hati akan membantu mewujudkan sukses bisnismu.

Konsultasikan Sekarang!

Recent Post

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif di Lingkungan Kerja yang Terus Berkembang: Kunci Keberhasilan Kepemimpinan Dalam menghadapi lingkungan kerja yang terus berkembang, pemimpin harus beradaptasi dengan cepat,

Read More »
Scroll to Top