Sekolah Bisnis Online

Cara Mudah Memilih Konsultan Manajemen

Konsultan Manajemen

Konsultan manajemen mungkin belum sering didengar oleh sebagian orang. Namun, konsultan ini sangat dibutuhkan karena dapat membantu Anda dalam melakukan pengelolaan properti serta real estate dengan lebih baik. Karena hasil konsultasi yang dilakukan akan membantu Anda baik itu sebagai pemilik, pekerja ataupun investor untuk memperoleh keuntungan lebih baik dengan cara yang lebih efisien.

Para penyedia jasa konsultan manajemen akan melakukan kajian tertentu berdasarkan permintaan Anda. Tentu cara kerja setiap penyedia jasa tersebut bisa berbeda ataupun sama. Namun, esensi utamanya tetap sama yaitu membantu Anda untuk mengatasi permasalahan yang ada terkait manajemen. Baik itu aset, sumber daya alam, sumber daya manusia dan lainnya.

4 Cara Mudah Memilih Konsultan Manajemen

Saat ini terdapat banyak lembaga ataupun badan konsultan yang dapat membantu pengelolaan usaha, aset ataupun properti. Hal ini menjadi kendala sendiri bagi karena semakin kesulitan memilih konsultan terbaik yang sesuai dengan keadaan dan kondisi masing-masing.

Namun, Anda bisa menerapkan beberapa hal dibawah ini agar dapat memilih konsultan manajemen yang paling cocok. Cara ini tidak mutlak karena bisa Anda kombinasikan dengan kiat ataupun cara-cara sendiri. Adapun cara tersebut antara lain:

1. Cari Informasi

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari informasi selengkap-lengkapnya tentang penyedia jasa tersebut. Anda bisa mencarinya melalui rekomendasi teman atau kolegas bisnis, melalui forum online, seminar-seminar atau juga iklan.

Informasi yang harus Anda perhatikan adalah kontak telepon atau email, alamat kantor konsultan, pendapat dari orang lain. Jika memungkinkan carilah portofolio serta periksa websitnya masing-masing. Karena di website tersebut biasanya dicantumkan siapa saja karyawan serta info kompetensi dan kualifikasinya dengan lengkap.

2. Track Record Konsultan Manajemen

Setelah mencari tahu dengan lengkap dan memilih beberapa jasa konsultan yang menurut Anda terbaik. Maka, langkah selanjutnya adalah memeriksa track recordnya. Caranya dengan melihat portofolio serta list klien yang pernah mereka tangani.

Tidak semua konsultan menyertakan portofolionya secara online di website masing-masing. Jika ada maka Anda tinggal download dan cek portofolionya dengan teliti. Jika tidak ada maka Anda bisa menghubungi konsultan tersebut dan meminta portofolionya secara langsung.

Biasanya pada portofolio tersebut terdapat daftar klien yang pernah memakai jasa konsultan tersebut. Cek apakah kliennya banyak atau tidak atau PT terkenal dan lainnya. Karena semakin besar klien yang ditangani maka semakin baik pula konsultan tersebut. Karena PT besar memiliki segudang masalah kompleks yang tidak mudah diselesaikan oleh konsultan manajemen yang biasa-biasa.

3. Bandingkan Pelayanan

Setelah Anda memilih melihat track record dari setiap konsultan yang ada. Maka selanjutnya adalah memeriksa pelayanan yang mereka berikan. Beberapa konsultan memberikan pelayanan yang banyak seperti analisa pasar, jasa investor, manajemen real estate, transformasi infrastruktur dan lainnya.

Namun, ada juga konsultan yang memberikan pelayanan terbatas. Anda bisa memilih yang mana saja asalkan pelayanan serta kualitas yang ditawarkan sesuai kebutuhan masing-masing.

4. Bandingkan Tarif Yang Diterapkan

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan adalah tarifnya. Karena tarif untuk konsultan tidak ada batasannya. Jadi, dengan membandingkan tarif setiap penyedia jasa konsultan manajemen ini Anda bisa menentukan budget yang ada beserta pelayanan yang akan diterima.

Selain itu, Anda bisa menanyakan apakah konsultan tersebut memiliki program promo atau paket pelayanan. Karena tarif untuk dua hal tersebut biasanya lebih murah dari biasanya.

Itulah 4 cara memilih konsultan manajemen dengan mudah. Cara ini bisa ditambahkan dengan cara Anda sendiri agar konsultan yang dipilih semakin baik dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Oleh karena itu, milikilah daftar konsultan dengan berbagai pelayanan yang berbeda agar bisa Anda gunakan ataupun direkomendasikan ke teman atau rekan kerja lainnya di kemudian hari.

Recent Post

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif di Lingkungan Kerja yang Terus Berkembang: Kunci Keberhasilan Kepemimpinan Dalam menghadapi lingkungan kerja yang terus berkembang, pemimpin harus beradaptasi dengan cepat,

Read More »
Scroll to Top