Sekolah Bisnis Online

Dongkrak Penjualan dengan Strategi Email Marketing

Email Marketing

Email marketing adalah marketing channel yang paling efektif untuk menghasilkan uang. Dengan email marketing, kamu dapat mengirimkan pesan kepada customer atau target pelanggan, seperti pelanggan atau klien potensial bagi kamu.

Berikut Alasan Kenapa Penting bagi Bisnis Memiliki Email Marketing?

  • Email adalah Cara Mudah untuk Menggapai Konsumen

    Satu alasan kenapa email marketing sangat berharga dalam sebuah bisnis saat ini adalah kemudahannya untuk menggapai konsumen tanpa harus berinvestasi pada teknologi atau pun software.  Ini dikarenakan kita dapat mengakses email kita tanpa harus mengeluarkan uang. Tidak seperti sms atau pun kertas pada sebuah brosur, email memiliki ruang yang lebih luas untuk menjabarkan sebuah konten dan kemudahan untuk mengakses konten tersebut.

  • Email adalah Cara yang Efektif untuk Menyampaikan Informasi ke Konsumen

    Taktik ini sangat efektif untuk menjaga hubungan antara pebisnis dan konsumennya. Faktanya, konsumen sering mencari email marketing campaign dari produk yang mereka suka.
    Lebih lagi, mereka juga menantikan kupon (akan dibahas di poin berikutnya) yang terdapat pada email tentunya untuk mendapatkan pelayanan khusus pada produk yang mereka suka. Selain itu, email juga dapat dimanfaatkan untuk mengirimkan konten pada konsumen.

  • Kupon Belanja Melalui Email Mendongkrak Penjualan Secara Online Maupun di Toko

    Banyak orang men-subscribe email tentang merek produk dan toko. Hal ini didasari oleh keuntungan yang akan mereka dapat dengan berlangganan email marketing dari produk atau toko tersebut.
    Biasanya, toko dan produk tersebut akan menawarkan potongan harga melalui sebuah kupon yang dikirim ke email subscriber. Ini kembali menunjukkan, bagaimana pengaruh email sangat penting bagi konsumen.

  • Email Marketing Sangat Murah

    Kembali lagi ditekankan, bahwa email sangat murah. Kita membuka email tanpa harus mengeluarkan sepeserpun rupiah. Untuk pemilik small medium business hal ini merupakan cara yang bijak ketimbang harus memilih pemasaran melalui TV, Radio, dan sebagainya.

Jenis-jenis Email Marketing

Untuk mengenal audiens lebih dalam lagi, maka kamu harus mengetahui beberapa jenis Email yang mungkin dapat membantu kamu untuk mengirim pesan kepada pelanggan atau konsumen seperti contoh di bawah ini :

  • Invitation Email

    Cara yang satu in memang unik. Walaupun digunakan untuk promosi produk dari suatu brand, email juga dapat dijadikan sebagai alat untuk mempromosikan acara yang akan datang. Email yang dibuat pun harus menarik dan memberikan alasan jelas mengapa mereka harus menghadiri event tersebut. kamu bisa tambahkan dengan menulis keunggulan atau keunikan dari event yang kamu rencanakan.

  • Digest Email

    Digest Email merupakan email otomatis yang dihasilkan oleh mailing list electronically. Email ini juga dapat membatasi penerima dan dapat menentukan periode kapan email tersebut digunakan seperti hari, minggu, atau bulan.

  • Newsletter

    Perusahaan seringkali menggunakan teknik ini karena menerapkan content marketing melalui blog perusahaan.   Pengiriman email tidak boleh terlalu sering atau dalam jangka waktu yang berdekatan karena akan dianggap spam. Jadi, kapan waktu yang tepat? kamu dapat mengirim rata-rata dua sampai tiga kali per minggu, kembali lagi kepada strategi masing-masing perusahaan ya.

Email marketing mengambil peran penting dalam mempromosikan sebuah produk atau jasa karena caranya yang memang efektif untuk dilakukan. Selain itu, pelanggan pun akan lebih tahu mengenai produk kamu. Tetapi jangan lupa bahwa email marketing yang kamu buat pun harus menarik.

Recent Post

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif di Lingkungan Kerja yang Terus Berkembang: Kunci Keberhasilan Kepemimpinan Dalam menghadapi lingkungan kerja yang terus berkembang, pemimpin harus beradaptasi dengan cepat,

Read More »
Scroll to Top