Sekolah Bisnis Online

Gimana sih Cara Kerja Affiliate Marketing dan Tips Sukses Menjalankannya?

affiliate marketing

Affiliate marketing sepertinya bukan istilah asing lagi ya buat sebagian dari kita. Apalagi bila kamu berkecimpung di dunia bisnis online. Strategi pemasaran yang satu ini memang terkenal dan memiliki banyak peminat. 

Affiliate marketing ini tidak hanya menguntungkan para pengusaha atau pelaku bisnis tapi juga affiliate marketer. Melalui program ini, kamu memiliki kesempatan menghasilkan uang dari internet. Program ini cocok banget untuk kamu yang aktif di media sosial dan punya kemampuan untuk membuat konten. Ngoten bisa dapat cuan, lumayan kan?

Bagi kamu yang ingin menjadi affiliate marketer tapi belum mengetahui tentang affiliate marketing, tenang. Kita akan bahas bareng di artikel berikut ini. Simak, ya!

Apa sih itu Affiliate marketing?

Affiliate marketing adalah salah satu metode online marketing di mana Anda akan dibayar ketika ada orang yang membeli produk yang kamu promosikan melalui link. Dengan kata lain, kamu akan mendapat penghasilan dari memasarkan produk orang lain.

Strategi ini dikenal efektif untuk meningkatkan sales atau penjualan produk. Berdasarkan data dari Rakuten Advertising, 80% brand menggunakan affiliate marketing ini. Banyak banget ya berarti. Kalau kamu cek di mesin pencari, kamu akan menemukan banyak brand yang membuka program afiliasi, baik brand kecil maupun besar. Peminatnya juga banyak, karena bisa memberikan penghasilan tambahan apabila terjadi pembelian menggunakan link afiliasi yang kamu bagikan.

Siapa saja bisa kok bergabung atau mendaftar sebagai affiliate marketing. Umumnya program ini juga tidak mengharuskan kamu memiliki banyak followers di media sosial dan gratis. Jadi kamu tidak perlu khawatir mengeluarkan biaya pendaftaran atau biaya lainnya.

Gimana Cara Kerja Affiliate Marketing?

Sederhananya, kamu membagikan link produk, lalu akan mendapatkan keuntungan atau komisi apabila ada pembelian menggunakan link tersebut. Nah detail caranya seperti ini:

  1. Daftar program affiliate marketing
    Daftarnya dimana? tenang, kamu cukup cukup ketik “affiliate marketing [brand atau perusahaan]’, Maka akan langsung muncul tautan yang mengarah ke halaman pendaftaran affiliate. Langsung daftar deh.
  2. Setelah mendaftar bagikan linknya afiliasi
    Setelah mendapatkan link afiliasi, kamu bisa membagikan link tersebut ke grup keluarga, blog, atau media sosial lain yang kamu miliki. Kalau kamu menemukan ada komen “Kak izin spill tasnya, lucu banget” ini adalah salah satu contoh dari affiliate marketing.
  3. Orang mengklik link dan membeli produk dari link yang kamu sebarkan
    Setiap konsumen yang mengklik link dan melakukan pembelian produk, maka transaksinya akan dicatat oleh jaringan afiliasi melalui link afiliasi yang kamu bagikan. Biasanya produk-produk ini disertai juga dengan kode referal.
  4. Yeay! Mendapatkan komisi
    Jika semua proses di atas sudah selesai, kamu akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. Komisi yang kamu terima, jumlahnya berbeda-beda. Tergantung harga produk yang terjual dan besar persentase yang kamu dapatkan.

    Persentase komisi yang kamu terima dari setiap produk juga berbeda-beda, ada yang menawarkan 5% per produk, ada juga yang menawarkan komisinya hingga 20% per produk. Semua tergantung dari program afiliasi yang kamu ikuti.

Meskipun terlihat mudah, menjadi Affiliate marketing butuh ketekunan dan juga trik nih. Karena semakin lama, semakin banyak orang yang bergabung menjadi affiliate marketing.

Tips Menjadi Affiliate Marketer yang Cuan

  • Riset program affiliate marketing nya terlebih dahulu
    Ada banyak brand atau perusahaan yang menawarkan program afiliasi. Pastikan kamu memilih program yang terbaik. Setiap brand atau perusahaan bisa berbeda-beda syarat dan ketentuannya. Kamu bisa membandingkan program yang satu dengan yang lainnya lalu pilih dan daftar ke satu yang terbaik.
  • Lakukan review dengan menarik
    Agar audiens yakin dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan, maka kamu perlu membuat review tersebut semenarik mungkin. Misalnya, kamu membuat review dengan membandingkan dua produk setipe dari brand yang berbeda lalu memberikan link pembelian. Review produk bisa memudahkan konsumen untuk memilih produk yang paling cocok untuk mereka.
  • Membuat konten yang berkualitas
    Sebagai seorang affiliate marketer, tentu kamu ingin mendapatkan komisi. Namun, jangan hanya fokus untuk dapat komisi saja. Buatlah konten yang menarik dan berkualitas. Selain itu, usahakan platform yang kamu punya juga memiliki konten berkualitas lainnya, bukan hanya promosi produk.
  • Mengikuti perkembangan trend
    Sebagai affiliate marketer, tentu kamu bersaing dengan affiliate lainnya yang merekomendasikan produk dari niche yang sama. Oleh karena itu, kamu perlu mengikuti perkembangan trend agar bisa tetap bersaing. Misalnya, mengikuti perkembangan konten yang sedang diminati audiens, atau strategi pemasaran yang baru, dan lainnya.
  • Berikan Call to Action (CTA)
    Jangan lupa memberikan Call to Action (CTA) agar audiens tahu apa yang harus mereka lakukan selanjutnya. Misalnya, yang sedang ramai saat ini “klik keranjang kuning untuk beli produknya”, atau “link produk ada di bio nomor 99” yang biasanya ada di TikTok dan Instagram.  CTA ini bisa kamu sesuaikan dengan media yang kamu pakai.

Nah, itu dia pembahasan tentang affiliate marketing atau afiliasi pemasaran, semoga membantu, ya. Apakah kamu tertarik untuk mencoba peluang bisnis yang satu ini? Affiliate marketing memang menawarkan keuntungan yang terbilang besar. Namun hal tersebut tentu tidak bisa dicapai secara instan. Kamu harus konsisten dan juga sabar.

Recent Post

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif di Lingkungan Kerja yang Terus Berkembang: Kunci Keberhasilan Kepemimpinan Dalam menghadapi lingkungan kerja yang terus berkembang, pemimpin harus beradaptasi dengan cepat,

Read More »
Scroll to Top