Sekolah Bisnis Online

Hubungan Aspek Pasar Studi Kelayakan Dengan Analisa Keuangan Yang Disusun Jasa Pembuatan Studi Kelayakan

jasa pembuatan studi kelayakan

Jasa pembuatan studi kelayakan merupakan para ahli yang bertugas untuk menilai dan mengevaluasi setiap rencana bisnis yang Anda miliki. Oleh karena itu, memakai jasa para ahli sangatlah penting agar rencana yang ada feasible baik secara studi kelayakan serta berbagai aspek baik itu ekonomi dan sosial.

Namun, selain aspek sosial dan ekonomi ternyata terdapat aspek lain yang memiliki kepentingan sangat besar yaitu aspek pasar. Aspek pasar pada analisa studi kelayakan berperan untuk melihat peluang usaha Anda apakah dapat memperoleh pangsa pasar, memiliki ruang untuk berkembang di pasar yang telah ada, menilai posisi pesaing dan lainnya. Oleh karena itu, aspek pasar beserta pemasaran merupakan langkah yang penting sebelum dan setelah Anda merencanakan sebuah bisnis.

Beberapa Hubungan Erat Antara Aspek Pasar Dengan Analisa Keuangan Oleh Jasa Pembuatan Studi Kelayakan

Para pakar jasa pembuatan studi kelayakan tentu akan melakukan analisa usaha Anda dari berbagai sisi kacamata. Kacamata yang dipakai biasanya tersusun dari berbagai aspek yang dapat mempengaruhi rencana tersebut baik secara nasional ataupun internasional. Karena isu ekonomi, politik dan lainnya baik secara global dan nasional dapat memberikan dampak besar pada bisnis. Contohnya saja virus Covid-19 yang saat ini terjadi menyebakan banyak usaha gulung tikar namun ada juga usaha yang justru melejit.

Nah, dari beberapa aspek tersebut ternyata aspek pasar memiliki hubungan yang erat pada analisa keuangan rencana bisnis Anda. Apa sajakah hubungan antara dua hal tersebut:

Segmentasi Produk Beserta Kualitasnya

Hal pertama yang harus Anda miliki dalam berbisnis adalah produk yang bisa berbentuk barang atau jasa. Tentunya Anda harus memiliki produk yang unik, jika bukan produknya maka yang unik bisa dari package, pemasaran, bonus dan lainnya. Namun, satu hal yang pasti usaha Anda harus memiliki sesuatu hal yang baru dari pesaing lainnya.

Aspek pasar tentu memandang segmentasi produk sebagai hal yang penting. Karena dari hal ini, Anda bisa melakukan kegiatan pemasaran dengan tepat. Hal ini juga memiliki hubungan dalam analisa keuangan rencana bisnis Anda.

Karena dari segmentasi produk yang ada tentu memiliki biaya yang terdiri bahan baku, proses pengerjaan, karyawan sampai kepada pemasaran. Nah, dari berbagai biaya yang ada pihak ahli studi kelayakan akan menilai apakah rancangan dana untuk produk dan pemasaran sesuai berdasarkan perkiraan biaya yang ditetapkan atau tidak.

Penguasaan Pangsa Pasar

Setiap bisnis baik kecil atau besar tentu diharapkan dapat menguasai pangsa pasar tertentu. Karena dari market share yang ada Anda bisa memperkirakan penghasilan serta peluang yang akan diperoleh. Namun, menguasai hal ini tidaklah mudah karena dibutuhkan strategi dan modal yang besar.

Salah satu cara menguasai pangsa pasar adalah melalui pemasaran yang dibalut dengan iming-iming promo, diskon, bonus dan lainnya. Hal ini tentu membutuhkan biaya ekstra sehingga membebani keuangan Anda. Namun, jika hal ini dilakukan dengan baik maka keuntungan yang akan diperoleh juga sangat besar.

Pada bagian para ahli jasa pembuatan jasa studi kelayakan akan menilai modal dan strategi Anda untuk menguasai market share tersebut terhadap analisa keuangan yang ada. Para ahli tentu memiliki pandangan dan pendapat yang mungkin berbeda dari rencana Anda.

Karena jika promo yang dilakukan tidak terkendali atau tidak maksimal maka yang ada keuangan bisnis akan habis dalam sekejap. Sedangkan keuntungan yang diinginkan belum diperoleh. Hal inilah yang berusaha dicegah, sehingga para ahli tersebut dapat membuat batasan dari penilaian layak atau tidaknya keuangan usaha Anda melalui rencana penguasaan market share tersebut.

Nah, itulah 2 hubungan erat antara aspek pasar serta analisa keuangan yang dilakukan oleh jasa pembuatan studi kelayakan. Tentu masih banyak lagi hubungan antara kedua hal tersebut yang patut untuk Anda perhatikan. Namun, 2 hal di atas dapat menjadi gambaran bagi Anda bagaimana setiap aspek pada studi kelayakan dapat mempengaruhi analisa keuangan tersebut.

 

Recent Post

Scroll to Top