Sekolah Bisnis Online

Jasa Bisnis Plan Surabaya

Bisnis Plan merupakan bagian dari studi kelayakan bisnis dimana bisnis plan akan disajikan menjadi dokumen tertulis yang menggambarkan semua unsur yang relevan, baik internal maupun eksternal dari perusahaan.

 

Berbicara mengenai bisnis, maka masyarakat dari kalangan manapun dan dari bagian wilayah manapun pasti sepakat jika dalam membangun bisnis yang diharapkan sudah tentu menyangkut tentang keuntungannya.

 

Selain Bandung, kota Surabaya menjadi salah satu kota yang menawarkan peluang bisnis yang cukup besar, terutama pada bidang kuliner. Oleh sebab itu, tak jarang ada banyak masyarakat yang menggunakan jasa studi kelayakan Surabaya ataupun jasa bisnis plan Surabaya untuk merampungkan dan merealisasikan bisnis tersebut.

 

Di bawah ini akan diuraikan beberapa langkah dalam membuat bisnis plan :

Lakukan Penelitian

Penelitian dilakukan setelah Anda berhasil membuat sebuah konsep berkenaan dengan rencana bisnis Anda tersebut. Konsep tersebut meliputi identifikasi kebutuhan pasar, target pasar, dan lain sebagainya agar lebih terperinci pada saat proses penelitian tersebut berlangsung. Selain itu, bandingkan pula dengan daya beli konsumen, kebudayaan lokal, maupun kompetitor sejenis.

 

Tentukan Tujuan 

Setelah selesai mendapatkan hasil dari penelitian, maka mulailah untuk menentukan tujuan dengan berpedoman dari semua point yang ada dalam berkas penelitian sebelumnya. Persempit tujuan dari bisnis Anda karena pada langkah ini Anda sudah mengetahui apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Lalu, mulailah untuk mengembangkan bisnis agar memiliki arah yang pasti demi keberhasilan bisnis Anda nantinya.

 

Buat Company Profile

Company profile atau profil perusahaan merupakan langkah lanjutan dari dua langkah sebelumnya dimana pada tahap ini berarti Anda sudah menunjukkan keseriusan dalam merintis dan mengembangkan usaha Anda tersebut. Selain itu, company profile juga bisa digunakan sebagai cara untuk menarik perhatian para klien maupun investor dalam penanaman modal pada usaha Anda. Keuntungan lainnya yakni Anda sudah selangkah lebih maju dalam mengenalkan produk bisnis pada pasar.

Buat Rencana Kerja

Rencana kerja merupakan tahap akhir dalam langka-langkah membuat bisnis plan. Setelah melakukan penelitian, menentukan tujuan dan membuat company profile, maka tugas terakhir adalah membuat rencana kerja. Rencana kerja akan memengerahui secara keseluruhan bisnis Anda, baik pada tahapan sebelumnya maupun bagaimana eksekusi setelahnya. Rencana kerja biasanya cenderung dengan membuat analisa-analisa untuk menguatkan pemahaman mengenai bisnis Anda, baik dari segi peluang ataupun resikonya. Analisis yang biasa diperhitungkan yakni Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) dan Analisis lainnya adalah PEST (Political, Economic, Social, Technological).

 

Dari empat tahapan di atas, tahapan pembuatan rencana kerja merupakan tahapan yang paling riskan. Setidaknya Anda butuh tenaga profesional untuk menghitungnya. Sebagai solusi Anda bisa menggunakan jasa dari Grapadi Consultant untuk membuat bisnis plan yang sesuai dengan yang Anda inginkan sebab Grapadi mampu memberikan informasi dan pemetaan yang akurat bagi klien.

 

 

 

Recent Post

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif di Lingkungan Kerja yang Terus Berkembang: Kunci Keberhasilan Kepemimpinan Dalam menghadapi lingkungan kerja yang terus berkembang, pemimpin harus beradaptasi dengan cepat,

Read More »
Scroll to Top