Sekolah Bisnis Online

Jasa Studi Kelayakan Dalam Membangun Kerajaan Bisnis

Melihat dari betapa pentingnya studi kelayakan bagi bisnis anda, tidak ada salahnya anda menyewa jasa studi kelayakan yang akan menilai proyek atau rencana pengembangan usaha anda.

Seperti yang kita bahas pada artikel sebelumnya, jasa pembuatan studi kelayakan merupakan suatu hal yang penting bagi pelaku usaha. Para pengusaha dapat melihat layak atau tidaknya rencana bisnis mereka.

Mereka bisa memperkirakan berbagai faktor, sehingga pada akhirnya mereka dapat memiliki sebuah keputusan yang paling tepat akan implementasi rencana bisnis mereka.

Jasa Studi Kelayakan Bisnis, Apa Pentingnya?

Dalam prinsipnya, sebuah studi kelayakan bisa dilakukan oleh satu grup saja. Tentu saja, setiap anggota tersebut dapat bertanggung jawab dan memang ahli di bidangnya.

Meskipun mungkin untuk menggunakan SDM perusahaan untuk melakukannya, namun yang biasa terjadi adalah perusahaan akan menyewa jasa dari konsultan bisnis.

Memiliki pandangan dari luar yang independen mengenai rencana finansial dan prospektif merupakan hal yang penting. Hal ini seringkali menjadi poin utama mengapa perusahaan kebanyakan menyewa jasa para konsultan.

Mereka dapat memberikan kemampuan mereka, berbekal skill dan pengalaman, untuk dapat memberikan penilaian yang seobjektif mungkin akan project perusahaan anda.

Bagaimana Memilih Konsultan yang Tepat

Dalam hal memilih perorangan atau firma yang akan membantu perusahaan dalam melakukan studi kelayakan, komite perusahaan harus menimbang beberapa hal.

Komite harus bisa memilih konsultan terbaik berdasarkan beberapa kriteria seperti :

  • Memiliki pengalaman dalam studi kelayakan
  • Memiliki pengalaman dengan perusahaan dengan bidang yang sama
  • Bekerja secara independen dan objektif (tidak memiliki hubungan apapun dengan perusahaan
  • Mampu untuk mendengarkan pendapat dari group
  • Bersedia untuk direvisi
  • Bekerja dekat dengan anggota komite perusahaan yang ditunjuk
  • Tepat waktu
  • Memiliki kemampuan dalam hal analisis data, mendesign spreadsheet, dan juga presentasi hasil
  • Dapat memberikan informasi yang jelas akan hasil dari studi kelayakan

Ketepatan Waktu (Timeliness)

Ketepatan waktu merupakan salah satu hal utama dalam jasa pembuatan studi kelayakan. Tentunya kita tidak ingin studi kelayakan berjalan serampangan dan tidak disiplin. Terlebih lagi, sifat projek perusahaan yang amat sensitif dengan ketepatan waktu.

Terlebih lagi, keputusan yang dibuat management perusahaan dibentuk berdasarkan dari studi kelayakan. Makin lama studi kelayakan berjalan, maka semakin lama pula keputusan dibuat dan akan berimbas buruk pada performa perusahaan.

Konsultan yang terkualifikasi harus memiliki kemampuan untuk menyelesaikan analisisnya berdasarkan time frame yang telah dibuat. dan juga, time frame yang dibuat pun harus realistis tentunya.

Di sini kerja sama antara pihak perusahaan dan konsultan bisnis sangat dibutuhkan. Pihak perusahaan harus mampu untuk membuat keputusan yang tepat, serta memberikan informasi yang dibutuhkan oleh konsultan secara jelas dan tidak ditutup-tutupi.

Biaya

studi kelayakan bisnis

Tentu, biaya merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan. Seperti yang peribahasa Indonesia bilang, “Ada Harga Ada Rupa”. Hal itu juga berlaku pada saat anda menyewa jasa konsultan.

Sungguh hal yang mustahil apabila anda mengharapkan hasil terbaik namun membayar mereka dengan fee yang amat murah. Harus ada keseimbangan antara pekerjaan yang dilakukan dan fee yang dibayarkan.

Timeline yang lebih cepat akan membuat harga jasa konsultan studi kelayakan menjadi lebih mahal. Hal ini wajar karena mereka harus mencurahkan tenaga ekstra untuk mengejar deadline yang lebih ketat.

Maka dari itu, untuk dapat menghemat biaya, perusahaan harus paling tidak memiliki pre-analisis dari studi kelayakan. Hal ini akan meringankan kerja konsultan, dan akan mengurangi banyaknya biaya yang dibutuhkan.

Jasa Pembuatan Studi Kelayakan Jasa Studi Kelayakan

Recent Post

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif di Lingkungan Kerja yang Terus Berkembang: Kunci Keberhasilan Kepemimpinan Dalam menghadapi lingkungan kerja yang terus berkembang, pemimpin harus beradaptasi dengan cepat,

Read More »
Scroll to Top