Kegagalan Analisis Studi Kelayakan Bisnis

Putri Larasati Maret 12, 2019 3 Comments

Sejauh ini ada banyak para enterpreneur yang setuju dengan pernyataan bahwa “Analisis Studi Kelayakan Bisnis Penting”. Hal ini disebabkan pada analisis studi kelayakan bisnis tersebut semua materi sudah rampung dalam satu proposal yang sangat berguna sebagai acuan dan pedoman dalam menjalankan usaha tau bisnis para enterpreneur tersebut.

Materi yang ada dalam proposal tersebut sudah mencakup mengenai visi-misi, tujuan, setting usaha, sumber daya manusia (SDM) atau tenaga kerja, fasilitas sarana dan prasarana, biaya dan pembudgetan, estimasi keuntungan dan balik modal, serta solusi dari masalah-masalah yang menjadi kemungkinan akan terjadi di kemudian hari.

Apabila Anda masih belum yakin dan belum mengetahui lebuh lanjut mengenai studi kelayakan bisnis tersebut, seperti Tahapan-tahapan dalam membuat studi kelayakan bisnis, Mengenal lebih jauh tentang studi kelayakan bisnis , Mengapa kita perlu melakukan studi kelayakan bisnis?

Nah, meski demikian ternyata masih saja ada peluang kegagalan pada analisis studi kelayakan bisnis tersebut. Mau tahu apa saja penyebab kegagalan pada analisis studi kelayakan bisnis tersebut? Berikut penjelasannya.

Penyebab kegagalan analisis studi kelayakan tersebut lebih merujuk ke personal jika ia membuat analisis sendiri, tapi bisa pula salahnya merujuk ke lembaga konsultant atas desakan si client sendiri.

Kesalahan yang ditimbulkan oleh si personal/client :

  1. Tidak jujur memberikan  data
  2. Tidak serius memberi informasi terkait
  3. Menuntut untuk cepat selesai

Kesalahan yang ditimbulkan oleh lembaga konsultan :

  1. Tidak jujur dalam mengolah data yang ada
  2. Tidak serius dalam menggali data yang ada di lapangan
  3. Tidak objektif dalam mengolah dan mengobservasi data yang ditemukan
  4. Tidak kritis menanggapi segala kemungkinan problema yang bisa saja terjadi dimasa dekat setelah usaha berjalan
  5. Deadline yang tak terkendali sebab desakan client yang ingin cepat selesai

Dari pemaparan di atas terlihat bahwa kesalahan dalam analisis studi kelayakan bisnis lebih cenderung mengarah ke lembaga konsultan. Oleh sebab itu, lebih berhati-hatilah dalam memilih lembaga konsultan untuk melakukan analisis studi kelayakan pada bisnis atau usaha Anda. Percayakan ke lembaga yang telah lama berkecimpung  di dunia tersebut dan teliti pula mengenai profesionalitasnya.

Walaupun dimikian, jangan khawatir. Anda bisa mempercayakan pengerjaan studi kelayakan tersebut pada Grapadi Konsultan, selain akan diberikan analisis tersebut, Anda juga bisa membaca review dan refrensi bisnis terpecaya di situs Grapadi News.

 

Selamat Datang Di Grapadi Konsultan
WhatsApp
ArabicChinese (Simplified)DutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanPortugueseSpanish