Manajemen Stres: Penyebab dan Cara Mengatasinya

manajemen stres
0 student

manajemen stres

Manajemen stres sangatlah dibutuhkan oleh siapa saja terutama bagi para pekerja yang menghadapi tekanan kerja. Mengelola stres ini sangat penting karena Anda dapat mengatasi berbagai masalah yang ada dan bagaimana menghadapi masalah tersebut dengan baik dimana emosi lebih terkontrol, pikiran lebih terjaga sehingga Anda terlihat lebih profesional.

Manajemen stres merupakan kegiatan yang memungkinkan bagi Anda untuk memakai berbagai sumber daya yang ada untuk mengendalikan serta mengatasi berbagai masalah tekanan mental serta emosional yang disebabkan oleh berbagai hal. Kegiatan ini biasa dilakukan agar Anda memiliki hidup yang lebih berkualitas, membuat diri lebih dewasa dan mampu menyelesaikan berbagai masalah kehidupan baik itu rumah tangga, pekerjaan, keluarga dan lainnya.

Penyebab Utama Stres

Secara umum, stres disebabkan oleh dua hal yaitu dari luar dan dari dalam diri sendiri. Tentu cara mengatasi stres keduanya berbeda. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui apa saja penyebab dari stres tersebut, yaitu:

Internal

Stres seperti ini biasa muncul dari dalam diri sendiri dan Anda perlu tahu apa saja penyebab stres internal tersebut, antara lain:

  • Gaya hidup yang salah seperti banyak mengonsumsi minuman keras atau beralkohol tinggi
  • Kurang tidur, memiliki rutinitas dengan kepadatan tinggi
  • Berpikiran pesimis dan negatif dan melihat segala sesuatunya dari sisi buruk
  • Menginginkan semuanya sempurna sehingga terjebak dengan dalam pikiran sendiri

Eksternal

Selain dari sisi internal, stres juga bisa diperoleh dari luar dan hal ini banyak menjangkiti para pekerja, seperti:

  • Interaksi sosial yang diperoleh sangat keras seperti hinaan, tekanan mental, serta tekanan dari orang yang lebih berkuasa
  • Pekerjaan yang tidak kunjung selesai, deadline yang terus menerus muncul dan tak kunjung selesai dan lainnya
  • Masalah-masalah kecil yang sering terjadi karena kecerobohan diri sendiri seperti sering lupa, kehilangan barang kecil sehingga emosi menjadi mudah terpancing

Inilah 2 penyebab masalah yang biasa terjadi kepada siapa saja. Hal ini akan semakin parah bagi para pekerja yang telah menikah karena terdapat tekanan dari segala arah seperti atasan di kantor, pasangan dirumah, orang tua, mertua serta lingkungan. Oleh karena itu, Anda harus tahu penyebab stres tersebut kemudian menerapkan manajemen sres yang benar agar setiap masalah penyebab stres tersebut dapat diatasi dengan baik dan benar.

Mengasi Stres Dengan Manajemen Stres

Sebenarnya stres bisa dikelola dengan baik oleh diri Anda sendiri. Namun, tidak semua orang menyadari bahwa dirinya sedang terkena stres. Hal ini biasa terjadi pada mereka yang workaholic. Karena mereka merasa tekanan pada pekerjaan dan lainnya itu sudah biasa dan hal tersebut tidak akan mengganggu kesehatan mentalnya. Padahal tidak demikian, yang ada akan semakin berbahaya karena orang tersebut dapat meledak sewaktu-waktu.

Oleh karena itu, Anda perlu tahu apa saja cara mengatasi stres dengan memakai teknik dari manajemen stres, yaitu:

  • Mendengarkan musik relaksasi, hal ini penting dilakukan agar pikiran Anda menjadi lebih santai. Untuk melakukan hal ini mau tidak mau Anda harus meninggalkan berbagai pekerjaan dan menyediakan waktu khusus untuk mendengarkan musik. Salah satu waktu terbaik memasang lagu ini adalah ketika akan tidur.
  • Visualisasi diri, teknik manajemen diri lain yang dapat digunakan adalah dengan melakukan visualisasi diri akan berbagai hal yang menyenangkan. Hal ini bisa juga diartikan sebagai instropeksi diri dengan melihat kegiatan selama ini dan menimbang apakah Anda telah berusaha terlalu keras dan membutuhkan istirahat sejenak dan lainnya.
  • Streching, perenggangan adalah salah satu cara mudah untuk mengatasi stres. Anda dapat menggunakan gerakan yoga atau gerakan streching lainnya. Karena dari tubuh yang sehat akan membuat pikiran menjadi jernih sehingga mengurang stres.

Itulah beberapa penyebab serta cara manajemen stres yang baik dalam mengatasi stres tersebut. Mempelajari hal ini sangatlah penting, karena tidak semua orang bisa melihat dirinya sudah terkena stres atau tidak. Karena dengan mempelajari hal ini Anda akan memiliki kualitas yang lebih baik.

 

Kurikulum kosong

Instructor

Rp 1,500,000.00

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *