Pelatihan Komunikasi Efektif Untuk Berbagai Keperluan

allec-gomes-mrMS7Nw_4Vs-unsplash
0 student

Komunikasi efektif merupakan proses pertukaran informasi yang dapat menghasilkan perubahan sikap serta menghasilkan timbal balik yang baik dari komunikasi tersebut. Efektif atau tidaknya sebuah komunikasi dilihat dari tersampaikannya atau tidak pesan yang ingin diberikan oleh si pembicara kepada lawan bicaranya.

Tentunya semakin mudah dipahami ucapan dan perkataan yang disampaikan maka semakin efektiflah komunikasi tersebut. Walaupun terdengar sepele, tetapi masih banyak pihak yang belum bisa melakukan komunikasi secara efektif, lugas, tegas dan mudah dipahami. Padahal komunikasi jenis ini sangatlah penting dan bermanfaat untuk segala jenis usaha dan bidang pekerjaan terutama bagi Anda yang harus bertatapan dengan banyak orang, klien dan lainnya.

Praktik Komunikasi Efektif

Komunikasi yang baik dan yang mudah tersampaikan kepada lawan bicara  ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Hal ini banyak dijadikan sebagai materi pelatihan karena dampaknya sangat besar bagi banyak pihak. Setidaknya terdapat dua teknik dalam melakukan sebuah komunikasi yang baik, yaitu:

Komunikasi Verbal Efektif

Komunikasi ini melibatkan suara, ucapan dan gerak bibir. Oleh karena itu dengan menguasai hal ini Anda dapat melakukan komunikasi yang lebih baik dari sebelumnya. Adapun praktik dari komunikasi ini adalah:

  • Bahasa yang Anda gunakan harus mudah dipahami dan usahakan menggunakan kata yang sederhana namun tetap sopan.
  • Kata yang diucapkan harulah tulus.
  • Setiap ucapan yang diutarakan harus memiliki makna dan tujuan yang jelas agar obrolan terarah sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh lawan bicara.
  • Pastikan untuk selalu memperhatikan norma yang ada agar lawan bicara tidak merasa tersinggung. Contohnya saja memakai panggilan ‘Pak’ atau ‘Ibu’ dan mencegah menyebut langsung nama lawan bicara. Terlebih untuk pembicaraan bisnis.
  • Komunikasi yang dilakukan memiliki timbal balik dari lawan bicara.
  • Memakai beberapa canda dan humor agar komunikasi yang berlangsung tidak kaku sehingga proses komunikasi ini berjalan dengan lancar.

Praktik komunikasi ini mengharuskan Anda untuk aktif dalam berbicara. Namun, dalam melakukan komunikasi Anda dapat berlatih atau menuliskan beberapa poin penting agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan mudah.

Sedangkan untuk orang yang telah terbiasa biasanya dapat melakukan komunikasi efektif dengan mudah dan mengalir begitu saja ketika berkomunikasi.

Komunikai Non-verbal

Komunikasi dapat dilakukan tidak hanya dari suara atau gerakan mulut tetapi juga dari isyarat, gerak tubuh dan lainnya. Oleh karena itu, Anda juga harus menguasai komunikasi secara nonverbal. Karena hal ini dapat membantu Anda dalam menyampaikan informasi dengan cara yang lebih mudah dipahami. Adapun praktik komunikasi non verbal tersebut antara lain:

  • Ekspresi atau mimik wajah.
  • Sentuhan kepada lawan bicara. Namun, usahakan untuk melakukan hal ini dengan hati-hati dan jangan lakukan untuk lawan bicara yang berbeda jenis kelamin karena dikhawatirkan akan memberikan tanggapan yang tidak sesuai dengan harapan Anda.
  • Gesture ataupun sikap tubuh.
  • Penampilan fisik yang dapat membuat lawan bicara Anda merasa yakin.

Melalui praktik komunikasi non verbal di atas, Anda dapat melihat bahwa penampilan yang rapi menjadi penilaian tersendiri bagi lawan bicara atau klien. Karena hal ini menunjukkan sopan santun dan profesionalitas sehingga komunikasi yang dilakukan menjadi lebih efektif.

Siapa Saja yang Harus Mengikuti Pelatihan Ini

Melalui praktik di atas, tentu Anda menyadari bahwa mengikuti pelatihan sangatlah penting. Sebenarnya semua profesi membutuhkan pelatihan, namun beberapa profesi berikut harus memiliki keahlian ini, yaitu:

  • Guru, dosen dan pengajar
  • Sales, HRD, marketing, tim hubungan masyarakat
  • Eksekutif dan pemimpin perusahaan
  • Mahasiswa
  • Dll

Memiliki skill komunikasi efektif merupakan hal yang mendasar. Karena dengan kemampuan ini Anda bisa menyampaikan berbagai pesan dan ide dengan cara yang lebih efektif dan efisien sehingga lawan bicara dapat memahami maksud perkataan Anda dengan baik.

 

Kurikulum kosong

Instructor

Rp 1,000,000.00

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *