Public Speaking: Manfaat dan Teknik Penggunaannya

public speaking
0 student

Public speaking merupakan seni berkomunikasi dengan khalayak ramai. Semua orang bisa menjadi public speaker, tapi tidak semua orang bisa menguasai hal ini dengan baik. Karena terdapat banyak hambatan dan kendala sampai Anda bisa berbicara dengan lancar, lantang dan menyenangkan audiens.

Hal ini tidak mudah dilakukan, namun tidak mustahil. Karena saat ini banyak terdapat lembaga kursus yang memberikan pelatihan tentang public speaking baik secara online ataupun langsung untuk saat ini. Hal ini dilengkapi dengan materi, tips dan trik serta peragaan langsung. Jadi, mau tidak mau Anda akan dipaksa berbicara di depan khalayak ramai bisa dengan berpidato, membawakan acara, dan lainnya.

Beberapa Manfaat Public Speaking

Bagi sebagian orang mungkin beranggapan bahwa public speaking tidak memiliki banyak manfaat. Padahal, manfaat memiliki keahlian sangatlah besar. Karena dapat mempengaruhi hidup dan bisnis Anda kelak. Berikut beberapa manfaat dengan memiliki keahlian tersebut:

1. Mengasah Kemampuan

Manfaat pertama dengan menguasai skill berbicara di depan publik adalah mengasah berbagai kemampuan. Perlu disadari bahwa banyak orang pintar tetapi kurang pandai menyampaikan idenya dengan baik. Nah, dengan publik speaking Anda bisa dengan leluasa menyampaikan berbagai ide dengan mudah dan jelas sehingga audiens memahami maksud dari perkataan Anda.

Berbicara di depan publik sangatlah penting terutama untuk profesi tertentu seperti guru, dosen, marketing, eksekutif, pemimpin perusahaan dan masyarakat banyak. Karena dengan menguasai hal ini Anda bisa menyampaikan ide dan pendapat dengan lebih baik.

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Manfaat lain dengan menguasai skill satu ini adalah meningkatkan kepercayaan diri. Masalah utama ketika berada di depan umum adalah minder. Jadi, dengan sering latihan serta menerapan teknik berbicara yang baik maka kepercayaan diri Anda akan meningkat.

3. Memudahkan Promosi dan Kegiatan Marketing

Manfat lainnya dari public speaking adalah memudahan kegiatan marketing dan promosi. Setiap bisnis yang ada pasti memiliki ide unik, kelebihan dan berbagai hal lainnya yang membedakan suatu bisnis dengan pesaingnya. Namun, hal ini harus disampaikan dengan baik, lugas dan jelas agar audiens paham dan mau menjadi klien atau mitra bisnis kelak.

Teknik yang Harus Dikuasai Dalam Public Speaking

Terdapat beberapa teknik berbicara yang akan Anda kuasai dengan mengikuti pelatihan di Grapadi Konsultan. Teknik-teknik ini sangat bermanfaat karena dapat menarik perhatian audiens dengan cara yang elegan dan baik. Adapun teknik-teknik tersebut antara lain:

  • Variasi Suara – Menarik perhatian publik bisa dilakukan dengan mengubah-ubah intonasi dan volume suara. Jangan pernah menggunakan suara datar karena dapat membuat audiens merasa bosan. Karena dengan penekanan yang baik, audiens akan tersihir untuk terus mendengarkan Anda dengan seksama.
  • Ekspresi Wajah – Selain suara, ternyata mimik dan ekspresi wajah juga berpengaruh dalam keahlian ini. Karena ekspresi memberikan kesan yang berbeda-beda kepada audiens. Pastikan Anda selalu tersenyum dan tidak banyak menggelengkan kepala.
  • Kontak Mata – Kontak mata juga penting untuk public speaking, karena sorot mata yang tajam akan membaut audiens terpaku dan mau memperhatikan Anda dengan baik.
  • Bahasa Tubuh – ketika berada di acara formal maka Anda disarankan untuk berdiri dan tidak duduk ketika berbicara di depan publik. Selain itu, jangan banyak berjalan mondar-mandir kecuali untuk konser. Selain itu gunakan tangan Anda untuk memegang microphone.

Itulah beberapa manfaat serta teknik public speaking yang harus Anda ketahui dan pahami. Setelah mengetahui hal tersebut, maka segeralah kuasai keahlian ini karena sangat bermanfaat baik untuk diri sendiri ataupun untuk urusan bisnis Anda nanti.

Kurikulum kosong

Instructor

Rp 1,500,000.00

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *