Langkah-langkah Inovasi Produk untuk Mempertahankan Bisnis

Putri Larasati Februari 2, 2019 0 Comments

Saat ini, dunia bisnis semakin berkembang, mulai dari bisnis kecil hingga bisnis dalam lingkup besar sehingga semakin besar pula pesaing yang tak dapat lagi dihindari. Adanya pesaing tersebut diharapkan para pengusaha dapat mencari peluang untuk tetap eksis di dunia bisnis.

Nah, jika pada artikel sebelumnya telah dibahas siklus kehidupan produk dalam bisnis, maka masih dalam materi yang terkait, artikel kali ini akan membahas peran inovasi dalam mengembangkan kualitas produk dan kinerja bisnis.

Pada saat bisnis telah berjalan, banyak diantara pengusaha yang kurang memerhatikan pentingnya inovasi produk pada bisnis itu sendiri. Padahal dengan majunya teknologi, inovasi akan menjadi senjata yang tangguh dalam menghadapi persaingan yang semakin kompetitif. Perusahaan yang terus-menerus melakukan inovasi, secara tak langsung akan meningkatkan kinerja bisnisnya pula.

Di lain sisi, inovasi produk juga digunakan sebagai solusi baru untuk menambah nilai tambah bagi pelanggan untuk menarik minat mereka sehingga meningkatkan daya jual bisnis yang sedang Anda jalankan. Inovasi produk yang ditawarkan nantinya juga akan memengaruhi kualitas produk itu sendiri, baik dari segi daya tahan produk, desain produk, dan manfaat atau fungsi dari produk tersebut. Semakin tinggi kualitas produk akan semakin tinggi pula tingakt respon yang akan diberikan oleh konsumen dan akan turut memengaruhi tingkat keuntungan yang akan didapatkan pada bisnis yang sedang dijalankan.

Anda bisa melakukan inovasi dengan mengikuti langkah-langkah inovasi produk di bawah ini:

  1. Cari masalah yang ditemui di sekeliling Anda, perhatikan keluhan-keluhan yang mungkin dilontarkan oleh konsumen Anda mengenai produk yang Anda tawarkan.
  2. Berpikir kreatif untuk mencari solusi dari masalah yang Anda temui, ambil setiap ide yang ditemui untuk menunjang inovasi yang akan Anda lakukan
  3. Jaring feedback dari konsumen, jadi konsepnya dari konsumen untuk konsumen. Ketika Anda mendengar keluh kesah dari konsumen mengenai produk Anda sebelumnya, cobalah untuk mendengarkan kembali keinginan konsumen terebut terkait produk yang dikeluhkan
  4. Waspadai pendapat minoritas, maksudya meski Anda sedang melakukan umpan balik dengan mencari feedback dari konsumen, tetap saja harus diobservasi lebih lanjut apakah yang dikeluhkan memang terkait permasalahan mengenai produk Anda ataukah hanya pendapat pribadi yang digunakan untuk memberi kepuasan pribadi konsumen tersebut saja. Bijaklah dalam memilahnya, apa lagi jika yang dikeluhkan jauh berbeda dari keluhan lainnya yang ada.
  5. Mengambil contoh dari kasus yang relevan dan cobalah kembangkan pada kasus yang sedang Anda temui saat ini. Di samping itu, sebaiknya ikuti perkembangan yang ada agar bisa terus survive dalam bisnis Anda.
  6. Berani mengubah. Ini adalah point terpenting dari semua point di atas. Meski sudah melakukan langkah sebelumnya dan mendapatkan satu konsep yang bagus untuk produk Anda nantinya, tapi Anda sendiri tidak punya keberanian untuk memulai perubahan pada produk yang akan Anda pasarkan tersebut. Maka semua akan sia-sia saja.

Bisnis adalah tentang bertahan dan berkembang di arus pasar. Oleh sebab itu, Anda harus terus melakukan inovasi agar tidak kehilangan pasar. Namun, jika mengikuti lagkah-langkah inovasi produk di atas terasa sulit cobalah untuk menggunakan jasa kami di Grapadi Konsultan. Kami akan melakukan yang terbaik untuk mengembangkan bisnis Anda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat Datang Di Grapadi Konsultan
WhatsApp
ArabicChinese (Simplified)DutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanPortugueseSpanish