Sekolah Bisnis Online

Manfaat Studi Kelayakan bagi Kreditor

sumber : pexels.com

.Memulai bisnis tidak hanya membutuhkan modal yang harus dipenuhi. Modal bisnis itu memang penting, bahkan sangat penting untuk memulai bisnis. Tanpa modal usaha, bisnis yang Anda impikan tidak akan mudah untuk terwujudkan. Tetapi banyak hal lain yang juga sangat penting untuk Anda pertimbangkan dalam memulai bisnis. Misalnya saja masalah studi kelayakan bisnis yang ingin Anda kembangkan. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam setiap rencana untuk memulai bisnis, pasti akan ada analisis studi kelayakan. Hal ini memungkinkan pengusaha untuk melihat seberapa kuat daya saing produk ketika dipasarkan nanti. Baik dari segi finansial, maupun operasional.

sumber : pexels.com

Dalam menilai suatu produk bisnis, diperlukan analisis studi kelayakan yang benar-benar matang dan sangat relevan dengan kondisi produk bersama dengan kondisi faktor-faktor lain yang dapat mendukung produk tersebut. Memang, dalam membuat analisis studi kelayakan harus tepat, karena hasil laporan yang dihasilkan dari masing-masing analisis sangat penting untuk mendukung setiap rencana dan juga proses pengambilan keputusan dalam bisnis. Jika analisis studi kelayakan saja asal-asalan, tak jarang bahwa bisnis yang akan dijalankan tidak akan menghasilkan hasil yang memuaskan. Jangankan hasilnya, bisa bertahan lama sangat meragukan kemampuannya.

Pengertian Studi Kelayakan

sumber : pexels.com

Studi kelayakan adalah suatu analisis yang bertujuan untuk melihat kelayakan suatu gagasan atau gagasan untuk dikembangkan. Studi kelayakan akan menjawab pertanyaan terkait dengan menindaklanjuti ide atau ide yang telah Anda pikirkan. Umumnya dalam melakukan studi kelayakan akan dilakukan sebelum membuat rencana untuk memulai bisnis. Itu karena hasil studi kelayakan akan menentukan produk yang Anda ingin bisnis layak atau tidak untuk dikembangkan. Tidak hanya produk sekali pakai yang memerlukan studi kelayakan, tetapi semua jenis bisnis membutuhkan studi kelayakan untuk menjadi menguntungkan.Studi kelayakan bisnis secara umum telah menjadi sangat penting dalam memulai rencana bisnis, belum tentu hanya karena untuk menguji kelayakan produk yang akan Anda kembangkan. Tetapi ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan studi kelayakan dalam memulai bisnis.

Tujuan dan Manfaat Studi Kelayakan Bisnis untuk Kreditor

sumber : pexels.com

Adapun tujuan dari diadakannya studi kelayakan bisnis pada saat perencanaan antara lain. Pertama untuk menghindari resiko kerugian. Tidak dapat dipungkiri kalau setiap bisins yang akan dijalankan pasti ada yang namanya resiko. Baik itu ketika membangun sendiri, maupun ketika melakukan investasi. Kedua, untuk mempermudah perencanaan. Ketika Anda ingin memilih bisnis apa yang cocok untuk Anda, melakukan studi kelayakan akan membuat Anda bisa mempertimbangkan bisnis apa yang cocok untuk dikembangkan, serta dalam tahap perencanaan bisnis juga akan terbantu dengan adanya studi kelayakan bisnis.

sumber : pexels.com

Ketiga, mempermudah pelaksanaan pekerjaan. Ketika tahap perencanaan bisnis sudah tersusun dengan rapi, proses pelaksanaan bisnis pun juga akan sangat mudah untuk dilakukan. Karena setiap hal yang akan dikerjakan sudah terkonsep dengan rapi. Keempat, akan mempermudah dalam pengawasan. Ketika sebuah perusahaan mempunyai blue print untuk setiap kerjanya, tidak hanya mempermudah karyawan untuk bekerja, tetapi juga mempermudah pemilik saham untuk melakukan pengawasan dan juga pengendalian ketika terdapat penyimpangan yang tidak sesuai dengan blue print yang ada.
Setelah mengetahui tujuan penting adanya studi kelayakan bisnis. Adanya studi kelayakan bisnis pada setiap perusahaan juga mempunyai berbagai manfaat untuk perusahaan dan juga pihak lain yang berkaitan dengan perusahaan tersebut. Untuk perusahaan, pastinya untuk mengetahui dana yang dibutuhkan serta untuk mengembangkan bisnis ketingkat yang lebih lanjut. Sedangkan untuk pihak lain, seperti Kreditor, adanya studi kelayakan dapat menjadi pertimbangan pihak kreditor untuk mengkaji studi kelayakan bisnis dari setiap perusahaan yang akan mengajukan kredit, serta untuk mempertimbangkan keuntungan ketika memberikan kredit pada perusahaan tersebut.

Recent Post

Scroll to Top