Sekolah Bisnis Online

Memaksimalkan Data Perusahaan dengan Pelatihan Business Intelligence

Pelatihan Business Intelligence

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, data merupakan aset yang sangat berharga bagi perusahaan dalam memahami pelanggan, pasar, dan titik-titik pertumbuhan. Pada era digital seperti saat ini. Menganalisa data perusahaan sampai akhirnya bisa memberikan strategi yang ampuh amat sangat dibutuhkan. Oleh sebab itu, ada pelatihan business intelligence untuk membantu perusahaan.

Mengolah data dengan baik dan benar akan menjadi wawasan bisnis yang berguna untuk mengarahkan sebuah keputusan penting dalam sebuah perusahaan. 

Mengapa Penting Mengolah Data?

Business Intelligence (BI) adalah alat yang cukup krusial untuk keberlangsungan bisnis. Karena Business intelligence menjelaskan tentang suatu konsep dan metode untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan bisnis berdasarkan sistem yang berbasis data.

Proses pengolahan dan pengumpulan data dilakukan oleh BI dengan bantuan bahasa pemrograman khusus. Umumnya, bahasa yang digunakan dalam business intelligence adalah SQL dan R. Kemudian, format yang digunakan untuk hasil akhir proses aplikasi business intelligence adalah berupa dashboard, table, report, dan grafik.

Tugas utama seorang business intelligence adalah mampu mengumpulkan, membaca dan menafsirkan data yang dapat digunakan untuk melihat tren dan perbandingan dengan kompetitor dalam sebuah industri.

Tidak sedikit perusahaan yang menyebutkan, bahwa business intelligence adalah sebuah profesi. Ada juga yang mengatakan istilah aplikasi business intelligence adalah seluruh rangkaian prosesnya. Tetapi dapat disimpulkan keduanya memiliki kesamaan dalam segi tugas dan tujuannya dalam sebuah perusahaan.

Penerapan Business Intelligence dalam Perusahaan

Pada perusahaan, business intelligence adalah proses yang dilakukan oleh divisi khusus untuk menentukan kebijakan perusahaan hingga teknik bisnis yang efektif. Agar memudahkan Anda memahami konsep BI, berikut contoh business intelligence pada rumah sakit.

Sebuah instansi rumah sakit ingin mengetahui kebutuhan kamar tipe apa yang perlu ditingkatkan. Setelah mendapatkan data, tugas selanjutnya untuk business intelligence adalah dengan mengelompokkan jumlah pasien berdasarkan usia, kelas kamar yang dipilih, metode pembayaran, fasilitas, serta metode pengobatan.

Dari proses tersebut, dapat ditemukan informasi mengenai kamar jenis apa yang kuantitasnya perlu diperbanyak dan proyeksi perkiraan jumlah pemasukan dari biaya rawat inap per malam. Terakhir, data yang terkumpul akan ditampilkan berupa dashboard berisi grafik dan tabel laporan.

Maka tim BI akan memberikan saran seperti apa strategi komunikasi dan pemasaran yang tepat untuk perusahaan tersebut.

Mengapa dibutuhkan Pelatihan Business Intelligence?

BI selalu berkembang dengan kecepatan yang mengejutkan, terutama dalam beberapa tahun terakhir. Teknologi baru meningkatkan cara data diakses, disiapkan, dikirim, terintegrasi, bagaimana data itu dieksplorasi, dan dianalisis.

Misalnya, ada pergeseran signifikan ke arah adopsi cloud karena lebih banyak perusahaan memindahkan pemrosesan data dan kolaborasi dari premis ke cloud. Tren ini sering masuk akal bagi banyak perusahaan karena skalabilitas, premis untuk apa yang Anda gunakan, dan integrasi dengan platform perangkat lunak lain yang sering ditawarkan solusi cloud. Seperti, ada alasan mengapa perusahaan seperti Microsoft berinvestasi besar pada platform cloud computing mereka, Azure.

Untuk akses yang lebih baik dan mengungkap lebih banyak wawasan data, modernisasi BI dan analitik sangat diperlukan, terutama di sektor kompetitif. Hingga 2017, Gartner memperkirakan bahwa jumlah pengguna bisnis yang melakukan analisis data akan tumbuh lima kali lebih cepat daripada jumlah ilmuwan data yang sangat terampil, dan sebagian besar pengguna bisnis dan analis akan mengakses alat layanan mandiri dan menyiapkan data untuk dianalisis. 

Karena data berasal dari berbagai sumber, solusi lawas tidak lagi mencukupi dalam lingkungan yang canggih dan kaya data. Menurut Harvard Business Review, 92 persen bisnis melaporkan bahwa perusahaan mereka masih menggunakan spreadsheet untuk analisis data. Jelas banyak bisnis perlu mengadopsi alat analisis data yang lebih kuat untuk pengambilan keputusan yang lebih efektif di seluruh sektor industri.

Meskipun menjadi alat analisis yang kuat yang memiliki potensi untuk memaksimalkan keuntungan, pendapatan, dan efisiensi, solusi dari tim BI dapat menjadi bencana jika tidak direncanakan dan diimplementasikan dengan benar. 

Jika Anda membutuhkan bantuan pelatihan business intelligence itialuS Grapadi Internasional adalah pilihan yang tepat. Karena kami telah dipercaya oleh berbagai industri untuk membantu karyawan mendapat pelatihan business intelligence yang komprehensif.

Kunjungi lama kami di www.grapadikonsultan.com

(mt)

Recent Post

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif di Lingkungan Kerja yang Terus Berkembang: Kunci Keberhasilan Kepemimpinan Dalam menghadapi lingkungan kerja yang terus berkembang, pemimpin harus beradaptasi dengan cepat,

Read More »
Scroll to Top