Sekolah Bisnis Online

Memasuki Q4, Berikut Strategi Digital Marketing yang Patut Dicoba

Digital Marketing

Sudah Efektifkah Strategi Digital Marketingmu di Q3?

Strategi pemasaran brand yang luas membuat para pebisnis harus selalu aktif memantau perkembangan strategi pemasaran. salah satunya tren digital marketing yang terus menerus berubah.  Oleh sebab itu, untuk mengetahui apa saja yang akan terjadi pada ranah digital marketing memasuki Q4 di bulan Oktober, berikut ini ulasan tentang tren digital marketing 2022 yang harus diketahui oleh pebisnis dan pemilik brand.

Strategi Digital Marketing Q4

  1. Selalu ingat kalau ‘Meta’ ada di sekitar kita

    Facebook secara resmi telah mengubah namanya menjadi META, yang berarti dunia virtual. Fokus utamanya adalah menghadirkan Metaverse, yaitu platform yang yang akan membantu orang terhubung satu sama lain, menemukan komunitas, serta membangun bisnis.

    Tentu saja jika bisnis ingin bergerak maju, kamu perlu ambil bagian dalam ruang yang satu ini. Oleh sebab itu para pebisnis harus lebih aktif memantau dan memperhatikan perkembangan META.

  2. Lebih aktif memanfaatkan KOL dan Influencer

    Siapa sih yang nggak tau influencer? Saat ini banyak produk yang memanfaatkan jasa KOL dan influencer seperti Fadil Jaidi, Raffi Ahmad, Awkarin dan masih banyak lainnya untuk memasarkan produknya. Pasalnya, influencer yang mengkampanyekan produk memang memberikan kesaksian atas kualitas produk tersebut.

    Bahkan, tidak sedikit perusahaan B2B yang mengadopsi strategi ini. Maka dari itu, pastikan bisnis milikmu tidak ketinggalan dan segera berpartner dengan influencer yang berpengaruh bagi target pasar, tidak perlu influencer mahal yang penting lakukan analisis dengan baik agar tidak boncos dan langsung straight ke calon pembeli. Dengan begitu, kamu akan lebih mantap menatap Q4.

  3. LinkedIn makin berkembang

    Linkedin terus tumbuh menjadi sosial media yang kredibel bagi pengembangan bisnis, berawal dari job portal saat ini Linkedin juga memberikan kebutuhan perusahaan. Terutama perusahaan B2B. Dari kuartal ke kuartal, platform ini memiliki peningkatan jumlah pengguna aktif yang tidak dapat dipandang sebelah mata.

    Tidak hanya itu, engagement di platform tersebut pun terus meningkat. LinkedIn juga terus merilis fitur-fitur baru yang mendorong terciptanya hasil optimal bagi bisnis. Karena itu, sebaiknya tim pemasaran mempertimbangkan untuk ambil bagian dalam platform yang satu ini.

  4. Strategi testimonials atau worth of mouth masih jadi senjata

    Sejak lama, strategi pemasaran word-of-mouth memang terbukti efektif. Pengalaman langsung konsumen lain menjadi lebih berharga bagi bisnis sebab konsumen lebih mempercayainya. Dengan begitu, kesaksian tersebut mendorong angka konversi penjualan yang baik.

    Karena itu, kamu perlu fokus untuk melibatkan konsumen dan menjadikan interaksi dengan mereka sebagai bagian dari strategi marketing. Tujuannya tentu untuk memperoleh kesaksian dari mulut ke mulut. Kamu dapat mendapatkannya dengan mendorong para pelanggan membuat online review.

  5. Selalu ingat Algoritma

    Algoritma menjadi pemegang kunci digital yang perlu diperhatikan oleh seorang marketer. Sebut saja, newsfeed media sosial, display ad, search engine optimization, bahkan email sekalipun. Penting supaya kita memperhatikan bahwa algoritma merupakan dasar dari customer journey (pengalaman pembeli). Sehingga baik marketing maupun bisnis owner harus memperhatikan konten seperti apa sih yang sebenarnya dibutuhkan oleh audience dan relate dengan produk yang kita jual.

  6. Menggunakan otomatisasi dan AI

    Hampir 30 persen perusahaan bisnis akan menggunakan kecerdasan buatan dan proses otomatisasi dalam bisnis mereka. Melalui pemanfaatan dua faktor ini, membawa beberapa perubahan dalam layanan bisnis yang sudah terjadi seperti, adanya fitur Chatbots serta fitur yang dapat memprediksi perilaku pelanggan, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya.

Sampai sini, apakah kamu sudah mendapat gambaran tentang strategi memanfaatkan tren pemasaran digital untuk menyambut Q4? Kira-kira kamu akan pakai yang mana nih?

Recent Post

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif di Lingkungan Kerja yang Terus Berkembang: Kunci Keberhasilan Kepemimpinan Dalam menghadapi lingkungan kerja yang terus berkembang, pemimpin harus beradaptasi dengan cepat,

Read More »
Scroll to Top