Mengapa Kita Perlu Melakukan Studi Kelayakan Bisnis?

admin Desember 12, 2018 0 Comments

Apakah Anda mempunyai ide untuk sebuah produk baru? Mungkin selai apel buatan rumah Anda terkenal di lingkungan teman dan keluarga Anda dan Anda berpikir untuk menjadikan hobi Anda sebagai bisnis. Atau mungkin Anda ingin memulai jasa menjaga anak namun tidak yakin apakah permintaan di lingkungan Anda cukup tinggi agar proyek ini pantas untuk waktu dan usaha yang dikeluarkan. Atau mungkin Anda bekerja di pemerintahan lokal dan ditugaskan untuk mengawasi pembangunan sebuah taman baru, namun tidak yakin bagaimana memulai penelitian Anda. Dalam semua kasus ini, Anda akan diuntungkan dengan melakukan studi kelayakan.

Sederhananya, studi kelayakan adalah sebuah proses ketika Anda menguji keberlangsungan sebuah ide: apakah akan berhasil? Meskipun pertanyaan spesifik yang Anda harus tanyakan akan beragam tergantung sifat proyek atau ide Anda, ada beberapa langkah dasar yang dapat diterapkan ke semua studi kelayakan. Bacalah lebih lanjut untuk mempelajari langkah-langkah dasar.

Lakukan analisa pendahuluan

Terdengar janggal untuk mengatakan bahwa Anda perlu melakukan studi kelayakan pendahuluan untuk mengetahui apakah Anda perlu untuk melakukan studi kelayakan, namun itu benar! Sedikit penelitian awal akan membantu Anda memutuskan apakah Anda perlu untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut secara menyeluruh. Kita akan menjelaskan lebih lanjut di langkah-langkah berikut.

Pertimbangkan pilihan Anda

Melakukan studi kelayakan yang menyeluruh adalah proses yang memakan banyak waktu dan terkadang cukup mahal. Maka, Anda ingin untuk mencoba untuk menghemat waktu dan uang Anda untuk menyelidiki ide Anda yang paling menjanjikan.

Jika Anda berpikir untuk membuat selai menjadi sebuah bisnis, sebagai contoh, Anda harus mengenali kemungkinan alternatif yang lain untuk usaha ini sebelum Anda memutuskan untuk melakukan studi kelayakan secara menyeluruh. Sebagai contoh, apakah Anda sudah mempertimbangkan hanya menjual apel di pasar?

Mulai untuk memperkirakan tuntutan dari ide Anda

Teman-teman dan keluarga Anda mungkin semuanya senang menerima selai yang Anda buat dan berikan sebagai hadiah, tetapi seberapa sukanya mereka terhadap produk Anda, ada kelayakan konsumen secara umum tidak rela mengeluarkan uang lebih untuk produk organik rumahan.

  • Sebelum Anda memutuskan untuk menginvestasikan waktu dan uang untuk studi kelayakan lengkap, Anda perlu secara realistis menilai apakah ada atau tidak keperluan atau permintaan akan ide Anda. Jika ada, maka Anda dapat melanjutkan untuk mempelajari ide tersebut lebih mendalam. Jika tidak, maka Anda dapat pindah ke ide Anda berikutnya.
  • Jika Anda ingin menjual secara lokal, kunjungi toko-toko dan survei rak barang mereka: jika mereka tidak mempunyai rak untuk menampilkan selai organik atau produk rumahan, ini bisa berarti bahwa tidak ada permintaan untuk produk tersebut. Sama halnya, jika tidak ada atau sangat sedikit penjual pada pasar petani menawarkan produk selai, ini dapat dikarenakan pembeli tidak berminat.
  • Jika Anda ingin menjual secara online, Anda dapat membuat kata kunci pencarian untuk produk Anda dan memperhatikan huruf awal yang keluar: jika sepertinya banyak orang melakukan bisnis dengan ramai dan cepat, ada kelayakan bahwa ada permintaan untuk produk Anda. Anda nantinya harus bertekad jika Anda ingin dapat bersaing.

Mulai memperkirakan untuk melakukan kompetisin

Mungkin Anda sudah yakin bahwa memang ada permintaan untuk ide atau jasa Anda. Tetapi, Anda juga perlu untuk mengetahui persaingan seperti apa yang akan Anda hadapi. Sebagai contoh, bahkan jika kota Anda memiliki pasar hasil pertanian yang aktif, jika ada sepuluh penjaja yang menjual selai buatan rumah, jeli dan makanan oles, Anda harus memikirkan apakah Anda mampu bersaing atau menawarkan kepada konsumen produk yang berbeda dan bernilai lebih.

Sama halnya, jika Anda ingin menjual secara online, Anda ingin mulai mencari tahu bagaimana orang menjual produk yang sama, atau jika ada merk yang memimpin yang menguasai pasar. Sanggupkah Anda bersaing? Mulai pikirkan cara agar Anda mampu meraih posisi pasar yang spesial

Pertimbangkan tantangan yang dihadapi

Sebelum Anda berpindah ke pelaksanaan studi kelayakan Anda, Anda harus memperhatikan apakah ada halangan yang tidak dapat diatasi.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki binatang peliharaan yang masuk ke rumah Anda pada waktu kapan pun, Anda tidak dapat membuat makanan untuk dijual di dalam rumah Anda. Anda perlu menyiapkan selai Anda di gedung yang terpisah. Jika tidak bisa memenuhi kebutuhan ini, keluarkan dana yang diperlukan, atau kerjakan hal-hal yang berhubungan, lalu ada baiknya untuk mengesampingkan ide ini untuk sejenak.

Putuskan apakah Anda akan menyewa konsultan ahli

Jika penyelidikan awal Anda menunjukkan bahwa ide Anda kelayakan berhasil, menyewa jasa konsultan dapat membantu untuk mengatur dan melaksanakan studi kelayakan Anda. Tergantung sifat dari proyek Anda, Anda juga perlu untuk laporan tambahan dari profesional seperti teknisi (jika, sebagai contoh, Anda ditugaskan untuk melihat apakah proyek pekerjaan umum memungkinkan).

Selidiki secara menyeluruh keperluan Anda mempekerjakan tenaga hali, dan pelajari berapa biaya yang akan dikeluarkan. Anda perlu memastikan anggaran Anda cukup untuk menutupi biaya ini, atau jika biaya terlalu tinggi pada tahap ini, Anda mungkin tidak mau atau tidak mampu meneruskan studi.

Anda mau laporan akhir Anda seobjektif mungkin, jadi buatlah jelas kepada siapa pun orang yang Anda sewa bahwa Anda menginginkan jawaban yang jujur, dan bahwa Anda tidak mempekerjakan mereka untuk memberikan kepada Anda jawaban yang Anda inginkan.

Buat tabel waktu

Melakukan studi kelayakan dapat menjadi proses yang membutuhkan keterlibatan, dan dapat dengan mudah menyita banyak waktu Anda. Jika analisa pendahuluan Anda mengindikasikan bahwa ide Anda bagus dan bahwa Anda perlu untuk menyelesaikan studi yang lebih mendetil, Anda ingin memastikan bahwa Anda dapat menyelesaikan pekerjaan secara waktu yang terjadwal.

Apakah laporan berdasarkan investor potensial Anda, bos Anda, atau dewan kota urut tanggal? Jika demikian, kerjakan mundur berdasarkan tanggal dan buat tanggal tenggat waktu kapan fase-fase individu dari studi perlu untuk diselesaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat Datang Di Grapadi Konsultan
WhatsApp
ArabicChinese (Simplified)DutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanPortugueseSpanish