Sekolah Bisnis Online

Pelatihan Analisa Keuangan Bikin Bisnis Makin Cuan

Pelatihan Analisa Keuangan

Tiap organisasi atau perusahaan pastinya membutuhkan analisis laporan keuangan. Hasil dari analisis ini akan digunakan sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan untuk rencana di masa mendatang. Namun membuatnya cukup rumit, sehingga membutuhkan kompetensi lanjutan yang diperoleh dari pelatihan analisa keuangan.

Pelatihan ini akan memberikan pemahaman dalam melakukan interpretasi dan menganalisis laporan keuangan dengan benar. Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu memberikan kontribusi yang maksimal dalam proses pengambilan keputusan bisnis untuk pengembangan perusahaan.

Nah berikut ini adalah 3 alasan kenapa harus mengikuti Pelatihan analisa keuangan buat bisnis kamu.

Pentingnya Pelatihan Analisa Keuangan

  • Analisis keuangan merupakan alat pengambil keputusan manajemen

    Analisis laporan keuangan merupakan alat informasi untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan. Bagi manajemen perlu, dalam rangka mengetahui efisiensi pendayagunaan sumber daya.

    Bagi Bankir, ini sangat penting dalam rangka pemberian kredit, baik kredit jangka pendek yang melihat likuiditas perusahaan atau jangka panjang yang menganalisa arus kas.

    Bagi pemilik perusahaan, analisis keuangan sangat penting untuk dapat mengetahui profitabilitas dari usahanya dan juga  mengetahui tingkat pengembalian atas investasi yang dilakukan.

 

  • Evaluasi kinerja manajemen dan karyawan

    Kalau bisnis kamu sudah semakin berkembang dan punya banyak pekerja, analisis laporan keuangan ini akan membantu perusahaan kamu mengevaluasi kinerja manajemen atau karyawan. Jadi kamu bisa memutuskan apakah perlu melakukan penyegaran pada beberapa posisi atau divisi tertentu.

    Dengan begitu, kamu dapat menentukan apakah akan memberikan penghargaan (reward) agar mereka lebih bersemangat dan kinerja perusahaan lebih baik atau mengganti karyawan dengan kinerja yang tidak baik.

 

  • Pembanding dengan kompetitor bisnis kamu

    Analisis laporan keuangan juga bisa kamu gunakan sebagai perbandingan dengan kompetitor bisnis kamu. Misal kompetitor kamu melakukan promosi atau mengeluarkan produk baru, kamu dapat menentukan langkah selanjutnya dari perusahaan kamu.

    Apakah dengan kondisi keuangan yang ada, kamu dapat melakukan hal serupa agar tidak kalah bersaing atau menahan anggaran dan memprioritaskan untuk hal lain.

Selain itu juga ada manfaat yang diperoleh ketika mengikuti pelatihan analisa keuangan, diantaranya:

Manfaat Pelatihan Analisa Keuangan

  • Untuk mengetahui perubahan posisi keuangan perusahaan pada periode tertentu.
  • Untuk menilai kinerja manajemen pada tahun berjalan.
  • Untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan apa saja yang dimiliki perusahaan.
  • Untuk mengetahui langkah perbaikan apa saja yang perlu dilakukan, yang tentu saja berkaitan dengan posisi keuangan dan kinerja perusahaan.
  • Mengetahui kesalahan yang mungkin terjadi dalam suatu laporan keuangan.

Jenis Analisa Laporan Keuangan

Ada beberapa jenis analisa laporan keuangan, Berikut pembahasannya:

  • Analisa Tren

    Analisa tren atau yang sering juga disebut sebagai analisa time-series merupakan jenis analisa yang digunakan untuk melihat kinerja perusahaan dari satu waktu dibandingkan waktu yang lain.

    Untuk melakukannya, akuntan atau manajer keuangan biasanya menggunakan history data dari laporan keuangan perusahaan. Pada praktiknya, metode yang digunakan dalam analisa tren adalah metode rasio laporan keuangan yang fungsinya membandingkan laporan keuangan yang sudah pernah dibuat pada tahun-tahun sebelumnya.

  • Analisa Common Size

    Biasanya, analisa jenis ini digunakan untuk menganalisa neraca dan/atau laporan laba/rugi perusahaan. Pada analisa common size, tiap komponen pada laporan laba-rugi dibagi dengan penjualan lalu disajikan dalam persentase penjualan. Sedangkan, komponen neraca dibandingkan dengan total aset dan disajikan sebagai persentase total aset.

  • Analisa Persentase Perubahan

    Analisa persentase perubahan dinilai sebagai salah satu analisis yang paling baik dan akurat. Alasannya, analisa ini terdiri dari penghitungan tingkat pertumbuhan pada tiap komponen laporan laba-rugi maupun komponen neraca terhadap tahun dasar pembuatannya.

    Oleh karenanya, akuntan dan/atau manajer perusahaan jadi bisa melihat kondisi berbagai akun pada laporan laba-rugi maupun neraca melalui hasil analisa ini.

Setelah memiliki pemahaman dasar tentang analisa laporan keuangan, kini saatnya untuk menyusun laporan keuangan yang cermat dan akurat dengan bagi perusahaan dengan mengikuti pelatihan analisa keuangan bersama Grapadi Konsultan yang tergabung dalam itialuS Grapadi Internasional. Lembaga kursus pelatihan profesional yang selalu menawarkan solusi terbaik dalam penyusunan laporan keuangan bagi perusahaan Anda!

Recent Post

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif di Lingkungan Kerja yang Terus Berkembang: Kunci Keberhasilan Kepemimpinan Dalam menghadapi lingkungan kerja yang terus berkembang, pemimpin harus beradaptasi dengan cepat,

Read More »
Scroll to Top