Sekolah Bisnis Online

Pelatihan Customer Service Excellent: Meningkatkan Pelayanan dan Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

Pelatihan Customer Service Excellent

Pelatihan Customer Service Excellent merupakan pelatihan yang didesain untuk melihat dan mengingat perkembangan zaman serta persaingan bisnis yang semakin ketat seperti saat ini. Perusahaan harus bekerja lebih keras dalam mencuri hati pelanggan dan mewujudkan kepuasan pelanggan atas produk / jasa yang diberikan oleh perusahaan terkait. 

Banyak yang mengira profesi pekerjaan Customer Service itu mudah, kerjanya cuma melayani konsumen atau klien saja. Tetapi faktanya menjadi customer service itu juga butuh kemampuan dan kesabaran yang tinggi. Karena pastinya nanti bakal menemui berbagai macam orang dengan karakter berbeda-beda dan tujuan yang berbeda pula.

Apa saja peranan penting yang dipegang oleh customer service?

  1. Membangun interaksi dengan pelanggan
    Ini adalah tugas dasar customer service, mulai dari mampu mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, menunjukkan respek pada pelanggan misalnya dengan pemilihan kata yang sopan dan santun (maaf, tolong, dan terima kasih), bisa bersikap profesional hingga membuat pelanggan merasa dihormati dan dihargai.
  1. Mempertahankan pelanggan yang loyal
    Customer service diharapkan sanggup menyelesaikan masalah atau membantu kebutuhan pelanggan. Terkadang pelanggan bukan hanya membutuhkan sebuah produk atau layanan jasa, tapi lebih cenderung menginginkan sebuah solusi.Di poin ini, customer service dIminta untuk bisa bertindak cepat memberikan antisipasi dan solusi yang dibutuhkan pelanggan. Semakin cepat customer service membantu kebutuhan pelanggan, maka mereka akan lebih menghargai customer service dan bisnisnya. Hal ini membuat pelanggan akan kembali mengulang pesanan mereka, yang secara otomatis menjadikan mereka sebagai pelanggan yang setia.
  1. Membantu membentuk imej baik bagi pelaku bisnis
    Kita semua tahu bahwa customer service adalah ujung tanduk pelayanan pada pelanggan setelah tim pemasaran. Customer service bisa dikatakan mewakilkan pelaku bisnis sebagai kontak utama dari pihak pelanggan.Customer service memang selayaknya mampu  mencerminkan nilai-nilai yang ingin ditampilkan oleh pihak pelaku bisnis tersebut. Bisnis yang memiliki pelayanan customer service yang optimal dan memuaskan akan memiliki citra yang baik pula di mata para pelanggan.Sering kita temui beberapa kasus pelanggan yang memutuskan untuk tidak lagi memakai dan membeli produk bisnis tertentu dikarenakan pelayanan pelanggannya yang buruk. Tidak sopan, respons yang lambat, dan bahkan tidak mampu memberikan solusi. Maka dari itu, tidak salah bila disebut customer service diharapkan bisa memberi cerminan yang baik dari bisnisnya.
  1. Memberi informasi dan rekomendasi produk
    Customer service juga semestinya memahami semua produk dan jasa yang ditawarkan oleh bisnisnya. Bisa memberi rekomendasi produk pada para pelanggan yang hendak melakukan pembelian. Hal ini juga termasuk memberikan berbagai pilihan paket sesuai kebutuhan pelanggan dan diskon-diskon menarik.

Memilih Pelatihan Customer Service Excellent Terbaik

Pelayanan yang baik kepada pelanggan akan memberikan kepuasan pada pelanggan tersebut sehingga pelanggan menjadi tertarik dan percaya akan produk dan jasa yang ditawarkan. Dengan kepercayaan dan loyalitas pelanggan tersebut maka perusahaan terkait akan dapat bertahan dan bersaing di tengah ketatnya persaingan competitor dan kondisi ekonomi global yang tidak menentu. Interaksi dan jalinan hubungan yang baik dengan pelanggan merupakan salah satu kunci kesuksesan perusahaan dalam meningkatkan pendapatan mereka.

Mungkin kalau ada konsumen atau klien yang menanyakan terkait layanan jasa atau produk perusahaan bisa dengan mudah menjelaskannya. Namun, apabila sudah masuk ke ranah komplain, kritik, bahkan ada yang ngamuk tidak jelas, tentu butuh penanganan yang berbeda.

Customer Service itu juga manusia biasa, dimana mereka juga punya tingkat kesabaran dan kemampuan yang terbatas. Nah kadang banyak konsumen atau klien yang menanyakan hal-hal di luar lingkup kerja CS. Kalau CS tidak bisa menangani dengan baik, yang kena semprot tidak hanya CS, tetapi juga pelayananan perusahaan secara keseluruhan.

Dalam pelatihan ini, peserta juga diharapkan mampu mengenali kelebihan dan kelemahannya secara individu, dan mengetahui area-area yang harus di-improve, serta memahami jika service / pelayanan dan keinginan dari customer tak akan pernah bertemu dalam titik diam kepuasan (satisfaction point).

Secara mendalam akan ditanamkan tentang bagaimana kepuasan pelanggan berdampak besar terhadap kelangsungan bisnis. Dan hubungan perilaku memuaskan pelanggan sebagai salah satu bagian penting dari pencapaian visi, misi, dan target perusahaan. 

Jika Anda membutuhkan bantuan Pelatihan customer service excellent itialuS Grapadi Internasional adalah pilihan yang tepat. Karena kami telah dipercaya oleh berbagai industri untuk membantu karyawan mendapat pelatihan yang komprehensif.

Kunjungi laman kami di www.grapadikonsultan.com

(mt)

Recent Post

Scroll to Top