Sekolah Bisnis Online

Penting! Begini Cara Kerja Jasa Studi Kelayakan Pada Industri Proyek

Jasa Studi Kelayakan

Studi kelayakan bisnis adalah sebuah penilaian kepraktisan dari sebuah rencana atau proyek yang telah diusulkan. Studi kelayakan bisnis menganalisis kelayakan proyek untuk menentukan apakah proyek atau bisnis tersebut berhasil. Biasanya, rancangan studinya ditujukan untuk identifikasi masalah yang bisa saja terjadi dari pelaksanaan sebuah proyek. Sebagai bagian yang ada dari studi kelayakan bisnis. Biasanya untuk mempermudah kerjanya, akan dibantu oleh jasa studi kelayakan.

Studi kelayakan bisnis juga dapat memberikan informasi penting kepada tim manajemen perusahaan yang dapat mencegah mereka memulai bisnis yang berisiko. Studi kelayakan bisnis juga membantu perusahaan dengan pengembangan bisnis baru.

Pada pembahasan kali ini kita akan banyak mengupas peran penting jasa studi kelayakan untuk menganalisis bagaimana bisnis akan beroperasi, potensi hambatan, persaingan, analisis pasar, serta jumlah dan sumber pendanaan yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis.

Cara Kerja dari Jasa Studi Kelayakan

Implementasi Tahapan Studi Kelayakan

Meskipun setiap proyek dapat memiliki tujuan dan kebutuhan yang unik, berikut adalah cara terbaik untuk melakukan studi kelayakan bisnis:

  1. Melakukan analisis awal, yang melibatkan mendapatkan umpan balik tentang konsep baru dari pemangku kepentingan yang sesuai; pertimbangkan skenario dan ide bisnis lainnya
  2. Analisis dan ajukan pertanyaan tentang data yang diperoleh pada fase awal penelitian untuk memastikan bahwa itu solid
  3. Lakukan survei pasar atau riset pasar untuk mengidentifikasi permintaan pasar dan peluang untuk mengejar proyek atau bisnis
  4. Tulis rencana organisasi, operasional, atau bisnis, termasuk mengidentifikasi jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, berapa biayanya, dan untuk berapa lama
  5. Siapkan laporan laba rugi yang diproyeksikan, yang mencakup pendapatan, biaya operasi, dan laba
  6. Siapkan neraca hari pembukaan
  7. Identifikasi secepat mungkin sebuah hambatan dan juga potensi kerentanan
  8. Buat keputusan awal “jalan” atau “tidak boleh” untuk melanjutkan rencana

Komponen Studi Kelayakan yang Efektif

Setelah uji awal selesai, berikut komponen yang biasanya ditemukan dalam studi kelayakan bisnis:

  1. Ringkasan eksekutif : Hal ini akan merumuskan narasi yang menjelaskan beberapa detail seperti proyek, produk, layanan, rencana, atau bisnis.
  2. Pertimbangan teknologi : Tanyakan apa yang akan dibutuhkan. Apakah kamu memilikinya? Jika tidak, bisakah Anda mendapatkannya? Berapa biayanya?
  3. Pasar yang ada : Periksa pasar lokal dan pasar yang lebih luas untuk produk, layanan, atau bisnis.
  4. Strategi pemasaran : Jelaskan secara rinci.
  5. Staf yang diperlukan (termasuk bagan organisasi): Apa kebutuhan modal manusia untuk proyek?
  6. Jadwal dan garis waktu : Sertakan juga sebuah penanda yang bersifat signifikan untuk tanggal penyelesaian proyek.
  7. Temuan dan rekomendasi : Dipecah menjadi pemasaran, organisasi, dan keuangan.

Peluang perusahaan dalam mempertahankan eksistensi dan kesuksesan bisa terlihat dengan jelas apabila memilih Jasa Studi Kelayakan dengan benar. 

Kamu sudah siap membuka bisnis baru? Lakukan studi kelayakan bisnis segera! Jangan khawatir, Grapadi Konsultan merupakan konsultan yang pengalaman untuk membantu bisnis makin berkembang dan menghasilkan banyak keuntungan.

Recent Post

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif di Lingkungan Kerja yang Terus Berkembang: Kunci Keberhasilan Kepemimpinan Dalam menghadapi lingkungan kerja yang terus berkembang, pemimpin harus beradaptasi dengan cepat,

Read More »
Scroll to Top