Sekolah Bisnis Online

Rumus kamulan AIDA, Bikin Copywriting Makin Booming!

Copywriting

Menyampaikan informasi dan pesan suatu brand kepada konsumen atau audience dengan efektif adalah misi dari implementasi teknik copywriting pada strategi pemasaran. Penyampaian pesan yang efektif bisa membantu mendorong penjualan. Untuk itu, diperlukan teknik copywriting yang baik dan benar.

Di zaman serba digital ini, Copywriting tidak hanya dipakai untuk media offline, melainkan media online pun juga menggunakan Copywriting. Entah itu konten yang diposting di media sosial, iklan Facebook dan Instagram, Email marketing, bahkan landing page pun juga menggunakan copywriting.

Tentunya tiap platform itu memiliki strategi yang berbeda. Apalagi, setiap platform punya karakteristik dan keterbatasannya masing-masing. Copywriter harus menyesuaikan copy yang dibuatnya kepada masing-masing platform yang tersedia.

The Power of Copywriting

Setidaknya ada tiga kekuatan copywriting yang perlu kamu ingat:

  1. Engage
    Menarik atau mengikutsertakan perhatian, keterlibatan dan emosi target konsumen. Setiap hari target konsumen kamu selalu dibombardir dengan berbagai macam pesan. Copywriting yang baik dapat menarik perhatian target konsumen kepada brand atau produk kamu.
  2. Persuade
    Membujuk atau meyakinkan target konsumen dengan memaparkan nilai dan manfaat dari sebuah produk. Mengapa target konsumen harus membeli dari kamu dan bukan dari konsumen kamu? Dengan copy-writing yang apik, kamu dapat menjelaskan mengapa produk kamu harus dipilih oleh si target konsumen.
  3. Influence
    Mempengaruhi keputusan target konsumen untuk melakukan sebuah tindakan sekarang juga. Mana yang kamu inginkan, target konsumen membeli sekarang atau nanti (itupun kalau mereka ingat kamu)? Tentunya sekarang, bukan? Dengan copywriting, target konsumen akan tidak sabaran untuk segera membeli dari kamu secepatnya.

Powerful banget kan copywriting ini? Nah, copywriter harus kreatif untuk membuat copy yang menarik, persuasif dan menjual untuk meyakinkan target konsumen.

Sayangnya, seringkali copywriter pemula merasa bingung bagaimana caranya menyusun sebuah copy yang baik. Pada artikel berikut ini kita juga akan mengupas teknik copy-writing yang baik dan nge-hook! simak ya

Teknik Copywriting AIDA

Di dunia internet marketing, banyak sekali rumus copywriting yang bisa kamu gunakan, namun di artikel ini kita akan membahas satu rumus saja yang paling powerful dan mudah dipraktekkan.

  • Attention
    Pada tahap ini, Kamu harus menarik perhatian mereka. Cara menarik perhatian mereka bukan hanya dengan tulisan saja, tapi Kamu juga wajib memaksimalkan visualnya.

    Contohnya seperti ini:
    Pengen punya badan ideal?
    Ingin menurunkan berat badan hingga 20 kg dalam sebulan tanpa diet ketat yang menyiksa diri?

  • Interest
    Setelah Kamu sudah berhasil menarik perhatian mereka, yang wajib Kamu lakukan selanjutnya adalah, bagaimana membuat mereka mau membaca sampai akhir. Jadi, Kamu bisa memberikan data, fakta dan informasi untuk memperkuat Copywriting kamu.

    contohnya:
    Tenang ada, mimin ada solusi buat kamu. Mengkonsumsi suplemen Sehatku, kamu bisa menurunkan berat badan hingga 20kg dalam kurang dari 1 bulan.

  • Desire
    Tidak hanya Kamu membuat mereka tertarik saja, Kamu juga wajib menyentuh sisi emosional mereka. Nah, pada tahap desire ini, Kamu bisa melakukan hal tersebut.

    contohnya:
    Dengan diperkaya dengan ekstrak teh hijau dan vitamin E. Akan mempercepat metabolisme dan pembakaran lemak tubuh mu, meskipun kamu hanya duduk di depan televisi.

  • Action
    Setelah mereka sudah tertarik dan Kamu sudah menyentuh emosional mereka, lalu apa yang harus mereka lakukan? Nah, di bagian inilah Kamu memberikan ajakan bertindak.

    contohnya:
    Jadi tunggu apalagi? Pesan sekarang!
    Ada promo GRATIS ONGKIR untuk seluruh wilayah Jabodetabek.

Nah itu tadi contoh teknik copywriting dengan teknik AIDA. Masih banyak formula dan teknik copy yang dapat kamu terapkan untuk membuat copywriting yang menarik. Kamu juga bisa membuat formula kamu sendiri dengan mengeksplorasi dan mempraktekkannya kepada audience-mu.

Selamat mencoba!

Recent Post

Scroll to Top