Tahap Pengerjaan Studi Kelayakan Bisnis

Apakah Anda juga berniat untuk mendirikan suatu usaha? Sudah mulai mencari informasi mengenai apa saja untuk merealisasikan niat Anda tersebut sebelumnya? Jika belum sempat atau terfikir mengenail ahl tersebut, maka sebaiknya bacalah artikel ini hingga selesai, ya.

Mendirikan suatu usaha memang tidaklah rumit, namun tak pantas pula bila dianggap hal yang sepele. Sebab apabila dari awal sudah salah dalam menentukan pilihan dan keputusan dalam mendirikan usaha, maka akan berpengaruh pula pada tingkat keberhasilan usaha tersebut. Alih-alih mendapatkan keuntungan, gulung tikar yang didapat.

Untuk meminimalisir tingkat kerugian apalagi sampai harus menderita gulung tikar, disarankan untuk Anda melakukan studi kelayakan bisnis terlebih dahulu pada usaha yang akan Anda rintis nantinya. Setidaknya, berusahalah lebih dulu untuk mengenal lebih jauh tentang studi kelayakan bisnis, misalnya. Jika, Anda telah memahami hal tersebut sudah dipastikan Anda juga dapat memahami pentingnya studi kelayakan bisnis untuk usaha Anda nantinya.

Baiklah, di bawah ini akan dijelaskan mengenai tahap pengerjaan studi kelayakan bisnis dimana tahapan tersebut terbagi menjadi 6 point.

1, Tahap Awal : Penemuan Ide

Menemukan ide termasuk susah-susah gampang, sebab jika hanya sekedar ide tak akan ada yang merasa kesulitan tentu saja. Namun, penemuan ide yang dimaksud disini ialah terciptanya sebuah gagasan cemerlang terkait penciptaan produk atau jasa yang unik, berbeda, menggugah minat konsumen, dan prioritas akan keuntungan yang didapatkan.

2. Tahap Lanjutan I : Penelitian

Setelah menemukan ide yang pas dan dirasa cocok dari berbagai pertimbangan yang ada, lakukanlah penelitian. Penelitian dilakukan untuk mengetahui kebutuhan pasar, lalu diolah dengan berbagai metode yang sesuai untuk menguji data-data yang ada, baik menggunakan terori yang relevan, analisis dan interpretasi hasil olah data.

3. Tahap Lanjutan II : Evaluasi Proyek

Dari penelitian yang telah dilakukan berdasarkan berbagai data dan metode yang ada, maka perlu dilakukan evaluasi proyek dimana tujuannya sudah barang tentu untuk menguji hasil dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Apabila studi kelayakan digunakan di awal sebelum mendirikan usaha, maka bisa pula mengambil acuan untuk melengkapi hasil evaluasi dari produk sejenis sebagai pertimbangan yang baik.

4. Tahap Perkembangan : Usulan yang Layak

Usulan yang layak menjadi tahap selanjutnya setelah terjadinya evaluasi proyek. Hal ini bertujuan untuk memberi dampak positif bagi studi kelayakan bisnis agar mampu menutupi atau menanggulangi kekurangan dari runtutan ide dan olahan data yang telah dilakukan di awal. Dalam usulah tersebut ada banyak pertimbangan yang bisa dikaji ulang untuk menemukan hasil maksimal nantinya.

5. Tahap Pra Final : Rencana Pelaksanaan Proyek

Setelah menjalankan tahapan yang cukup panjang pada point-point sebelumnya, sudah saatnya Anda merencanakan pelaksanaan proyek. Mulai dari menentukan visi dan misi, jumlah SDM untuk memenuhi kebutuhan pegawai dalam usaha Anda, kualifikasi SDM yang sesuai, kebutuhan dana untuk mengcover segala pengeluaran usaha mulai dari modal awal hingga rincian untuk 6 bulan ke depan, serta persiapan-persiapan lain yang harus dipikirkan.

6. Tahap Akhir : Pelaksanaan Proyek

Akhir dari segala tahap, namun awal dalam kerja nyata yakni dengan pelaksanaan proyek sebab bukan lagi sekedar wacana dan teori semata, segala sesuatu yang telah disiapkan sebelumnya harus siap bersaing di pasar konkret. Dengan berpedoman pada segala persiapan yang dilakukan sebelumnya, diharapkan tidak terjadi masalah baru sebagai penghambat usaha tersebut.

Demikianlah tahap pengerjaan studi kelayakan bisnis. Bagaimana menurut Anda? Cukup mudah dipahami, bukan? Ya, mungkin ada beberapa diantara Anda yang tetap akan merasakan kesusahan apabila mengerjakannya sendiri. Oleh sebab itu, kami hadir untuk memberikan tawaran untuk berkonsultasi pada Grapadi Konsultan untuk melakukan studi kelayakan bisnis pada usaha Anda.

Grapadi akan memberikan Anda konsultan terbaik dari mentor-mentor ahli dan handal di bidangnya, serta memberikan review dan refrensi bisnis terpecaya untuk kelancaran usaha Anda tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat Datang Di Grapadi Konsultan
WhatsApp
ArabicChinese (Simplified)DutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanPortugueseSpanish