Sekolah Bisnis Online

Tingkatkan Penjualan dengan Analisis Peluang Pasar

Analisis Peluang Pasar

Ada banyak hal yang perlu Anda ketahui sebelum menjalankan sebuah bisnis supaya bisa berkembang dan mencapai target. Hal yang tidak kalah penting yaitu melakukan analisis peluang pasar.

Analisa peluang pasar, pasar merupakan situasi penting yang paling menguntungkan dalam lingkungan perusahaan. Sehubungan dengan perkembangan minat dan daya beli konsumen, maka perusahaan perlu menganalisa peluang pasar yang dapat digunakan untuk mencari keuntungan. Manfaat analisis pasar tidak hanya mampu mengenali target, namun juga bisa memperkirakan risiko untung atau rugi.

Setiap perusahaan pasti akan melakukan kegiatan analisis pasar terlebih dahulu karena akan menjadi bahan pertimbangkan dalam menentukan strategi pemasaran. Kegiatan ini akan memungkinkan perusahaan untuk mencapai target dengan baik menggunakan strategi yang digunakan.

Melihat peluang pasar adalah tahapan krusial untuk menghasilkan langkah dan strategi bisnis kedepannya. Oleh karenanya, analisis pada peluang pasar perlu dilakukan dengan prosedur matang dan terstruktur. Berikut cara melakukan analisis pasar yang perlu Anda ketahui.

Melakukan Analisis Peluang Pasar

1 Menentukan target pasar 

Langkah pertama yang dapat dilakukan terlebih dahulu adalah menentukan target pasar yang sesuai dengan produk yang akan kita tawarkan. Ada 3 jenis pasar yang umum untuk kita ketahui, yaitu: 

  • Pasar konsumen (B2C)
    Pasar konsumen disini adalah individu yang membeli barang untuk kebutuhan mereka sendiri seperti kebutuhan rumah tangga dan obat-obatan.
  • Pasar Industri (B2B)
    Individu, group, ataupun organisasi yang membeli sebuah produk atau layanan dengan tujuan digunakan untuk memproduksi produk lain atau bisa juga dimanfaatkan untuk kebutuhan operasional perusahaan sehari-hari.
  • Pasar Pengecer (Ritel)
    Individu yang membeli barang atau produk jadi dan menjualnya kembali.

2 Mengenal lebih dekat konsumen dalam analisis peluang pasar

Mengetahui karakter para konsumen berdasarkan analisis usia, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, pendapatan, juga status sosialnya. Hasil analisis ini bisa Anda gunakan untuk memperkirakan potensi beli konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan.

3 Memperhatikan kebutuhan dari target konsumen

Setelah menentukan target pasar, cara menganalisis peluang pasar adalah memenuhi kebutuhan dari target tersebut. Proses riset peluang pasar ini berkaitan dengan upaya penyelesaian masalah konsumen yang terkait dengan bisnis. 

Melalui proses identifikasi kebutuhan, bisnis dapat memetakan strategi pemasaran dan jenis produk yang bisa ditawarkan kepada konsumen. Dengan demikian, potensi untuk memperoleh pelanggan tetap juga semakin tinggi.

Cara menganalisis peluang pasar ini bisa dilakukan dengan metode survey secara digital. Anda bisa menggunakan fitur polling yang mulai banyak tersedia di sejumlah sosial media. Cara tersebut dinilai lebih praktis dan efektif untuk mengidentifikasi peluang pasar.

4 Mengamati persaingan pasar

Selain sebagai metode untuk menemukan kesempatan bisnis, riset peluang pasar adalah metode efektif untuk mengamati tren persaingan dengan kompetitor. Hal ini bermanfaat untuk memastikan bahwa produk Anda sesuai dengan kondisi pasar dan bahkan bisa lebih unggul dari lainnya. Hasil dari riset dapat menjadi acuan data untuk meningkatkan kualitas produk.

Cara Melaksanakan Kegiatan Analisis Peluang Pasar

Setelah mengetahui manfaat analisis peluang pasar, maka sekarang Anda bisa menerapkan cara melakukannya sebagai berikut:

  1. Analisis SWOT

    Kepanjangan dari SWOT yaitu Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats atau dalam bahasa Indonesia berarti Kekuatan, Kelemahan, Kesempatan, dan Ancaman. SWOT bisa untuk menganalisis dua kondisi berikut:

  • Internal
    Cara untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan dari internal bisnis yang Anda jalankan yaitu dengan memperhatikan faktor seperti:
  • Eksternal
    Beberapa faktor dari luar juga bisa menjadi ancaman atau kesempatan untuk bisnis yang akan Anda jalankan.
  1. Metode 5W + 1H

    Cara menerapkan analisis peluang pasar berikutnya adalah 5W + 1H. Nama metode tersebut merupakan hasil singkatan dari kata tanya dalam bahasa Inggris yaitu what, why, who, where, when dan how.

    Supaya bisa mendapatkan hasil analisis yang akurat dan mendalam, maka pikirkan dan pertimbangkan dengan matang setiap jawaban dari pertanyaan tersebut. Anda perlu melakukan analisis dengan detail seakan merasa harus segera meluncurkan produk atau jasa ke pasaran.

    Nah, apabila Anda sudah mendapatkan semua jawaban dari semua analisis yang Anda lakukan, maka lakukan pemeriksaan ulang sebelum akhirnya meluncurkan produk. Hal ini akan membuatmu usahamu menjadi lebih siap dan matang.

  1. Membuat Business Plan

    Rangkaian terakhir dalam mempersiapkan bisnis baru yaitu membuat business plans atau rencana bisnis. Lantas, apa saja yang meliputi kegiatan perencanaan?

    Menyusun business plan bisa dengan menetapkan tujuan, keuangan, strategi, pemasaran, dan semua kegiatan yang memiliki kaitan dengan operasional perusahaan. Supaya bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan dari business plans yang Anda buat, maka lakukan evaluasi.

    Kegiatan ini akan memungkinkan Anda untuk menemukan kebijakan atau strategi yang sesuai dengan usahamu. Dengan demikian, perusahaan akan mampu menghadapi kendala yang mungkin menghadang di kemudian hari.

    Keberadaan business plan juga akan sangat mendukung perusahaan dalam mencapai target yang diinginkan. Elemen yang harus Anda masukkan dalam membuat business plans yaitu profil perusahaan, modal bisnis, tujuan bisnis, laporan keuangan, strategi marketing, proyeksi keuntungan, dan evaluasi.

Bukan hanya pesaing yang sudah ada yang harus dianalisis, Anda juga perlu melakukan analisis bagi pesaing pasar yang kemungkinan akan hadir di kemudian hari. Bagaimana cara menghadapi persaingan dengan sehat, tips agar produk tidak kehilangan potensi jualnya bisa Anda tentukan di tahap ini. (mt)

Recent Post

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif di Lingkungan Kerja yang Terus Berkembang: Kunci Keberhasilan Kepemimpinan Dalam menghadapi lingkungan kerja yang terus berkembang, pemimpin harus beradaptasi dengan cepat,

Read More »
Scroll to Top