Sekolah Bisnis Online

Tingkatkan Penjualan Hingga 2X Lipat Per Hari dengan Facebook Ads

Facebook Ads

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa facebook ads adalah salah satu media sosial populer dengan pengguna yang sangat banyak. Untuk dunia bisnis, potensi tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan produknya. 

Dalam zaman yang sudah serba digital seperti saat ini, Facebook Marketing sudah menjelma menjadi suatu strategi pemasaran yang wajib, khususnya untuk bisnis online.

Kita sadar bahwa Facebook telah berubah menjadi media sosial raksasa yang memiliki potensi untuk mengeruk rupiah. Namun, ini tak datang dengan  berbagai macam pengujian iklan. Salah satu hal tercepat untuk mendapatkan sumber keuntungan yang terus mengalir, caranya yakni dengan menawarkan produk atau layanan untuk dijual melalui Facebook Ads di sekitar titik harga 1,5 juta untuk menghasilkan 8-12 juta penjualan per hari.

Namun, keuntungan tersebut akan Anda peroleh jika Anda mengetahui seni untuk meraihnya. Artikel ini akan memandu Anda terkait dengan apa yang harus Anda lakukan dan apa yang tidak boleh Anda lakukan dengan Facebook Ads ini.

Mari kita simak bersama-sama pembahasannya secara lebih rinci.

  1. Tentukan Target Market yang Benar-Benar Membutuhkan Jasa Anda

    Banyak orang yang tak terlalu memikirkan tentang target market yang tepat untuk bisnis mereka. Mereka menargetkan untuk orang-orang yang kurang berpengaruh terhadap jasa dan produk yang mereka miliki. Misalnya bisnis Anda adalah produk kecantikan. Maka targetkan lah bisnis Anda untuk orang-orang yang banyak memakainya. Dan kaum wanita merupakan target market yang tepat untuk bisnis Anda ini. Tapi, wanita saja tak cukup. Pengguna facebook berada di rentang usia berapapun. Tak terkecuali, anak-anak perempuan juga menggunakan facebook. Tapi usia anak-anak tidaklah tepat untuk menggunakan produk kecantikan. Karena itulah aturlah usia yang akan melihat iklan Anda dengan tepat.

  2. Lebih dari Satu Iklan, Tapi Buat Berbeda dari Segi Market

    Jika Anda telah menawarkan produk Anda melalui Facebook Ads, maka Anda sedikit lebih maju. Memang, menggunakan Facebook Ads akan menguras anggaran Anda dan tidak selalu berhasil dengan mudah. Dalam beberapa kasus, ditemukan bahwa Facebook Ads sukses setelah orang-orang menghabiskan kurang lebih sekitar 500 ribu setiap harinya. Namun begitu, tidak selalu meningkatkan anggaran dapat berpengaruh pada peningkatan konversi, bahkan hal itu terkadang juga dapat mengurangi konversi.

    Jika kamu melihatnya, ketika kamu melakukan blast iklan pada grup besar yang sedang hits saat itu, maka Anda harus tahu bahwa mereka tidak selalu membeli ketika mereka melihat iklan Anda. Maka, iklan Anda menjadi kurang efektif. Misalnya, mereka mungkin melihat iklan Anda di waktu jam 2 pagi, ketika mereka tidak dapat membuat mengeluarkan kartu kredit mereka.

    Kedua, hal ini sangat tergantung pada bagaimana Anda melakukan setup pada iklan Anda. Apakah Anda menciptakan iklan yang baru untuk setiap kampanye yang akan Anda lakukan?

    Kini, Facebook telah memiliki struktur kampanye yang lebih efisien yang terbagi menjadi tiga bagian. Yakni, Campaigns, Ads set, dan Ads. Perlu Anda ingat, bila Anda memiliki lebih dari satu iklan dalam kampanye Anda, maka iklan Anda satu sama lain akan bersaing untuk mendapatkan banyak perhatian. Hal itu akan menyebabkan RKPT Anda secara keseluruhan turun dengan cepat. Sehingga, merusak salah satu hasil dari kampanye Anda.

  3. Optimalkan dengan Fitur CPM Optimize

    CPM Optimize merupakan fitur beriklan di facebook yang bisa memberikan keuntungan sekaligus membahayakan. Ketika menggunakan fitur CPM, Anda tak bisa mengontrol budget per CPM. Jadi yang bisa Anda lakukan hanyalah membatasi budget harian dari iklan tersebut. CPM sendiri bisa menjadi pilihan yang tepat karena iklan Anda akan ditagih sebesar 1 dollar ($1) untuk setiap 1000 tampilan di iklan Anda.

  4. Landing Page, Kunci Sukses Raih Konversi Tinggi

    Banyak pelaku bisnis memiliki formula yang sangat spesifik. Ya, caranya yakni dengan membuat landing page sebagai salah satu pemasaran online untuk menghasilkan penjualan langsung dan personalisasi setiap halaman untuk pasar bedasarkan demografi dengan memerhitungkan target market, sebagaimana yang telah Anda pelajari pada poin sebelumnya.

    Kemudian, mereka mengarahkan traffic yang sangat bertarget untuk masing-masing halaman tersebut dengan memanfaatkan Facebook Ads. Berikut merupakan contoh dari salah satu landing page dengan tingkat konversi tinggi.

  5. Penting untuk Menguji Variabel: Mengapa Iklan Anda Tidak Menghasilkan Penjualan?

    Setelah Anda mampu mengidentifikasi target market Anda dan mengetahui pentingnya landing page, kini saatnya untuk mengatur Facebook Ads Anda. Inilah yang dapat Anda bawa ke pasar dan dapat benar-benar menguji apakah survei yang telah Anda lakukan tepat adanya. Setelah Anda berhasil membangun iklan dan menjalankannya, maka saatnya bagi Anda untuk memecahkan hasil dan melihat pasar yang dapat mengkonversi penjualan secara nyata. Untuk itu, pastikan Anda untuk mengatur sebuah conversion pixel untuk melacak penjualan Anda.

    Pixel Konversi merupakan potongan kode yang disisipkan ke halaman tertentu pada website Anda. Misalnya, seperti halaman terima kasih setelah checkout atau halaman lain di mana yang ingin Anda lacak persis untuk jumlah kunjungan dari Facebook Ads tertentu.

    Menggunakan sebuah pixel konversi adalah bagian penting dari iklan Anda, sehingga Anda dapat melacak kembali Facebook Ads Anda dan melihat efektivitasnya.

    Ini adalah suatu hal untuk mengetahui berapa banyak orang melakukan klik melalui halaman Anda. Itu artinya, Anda akan benar-benar melihat berapa banyak konversi yang menjadi penjualan pada halaman tertentu. Konversi ini sangatlah penting untuk menentukan efektivitas Facebook Ads Anda.

Itulah beberapa strategi untuk menggunakan facebook ads. Kini melalui hal-hal di atas, Anda dapat memanfaatkan Facebook Ads sebagai strategi untuk melejitkan bisnis Anda. Bahkan, dengan Facebook Ads, Anda dapat mengubah toko online Anda yang mulanya menawarkan keuntungan yang tak seberapa, menjadi luar biasa. Selamat mencoba!

Recent Post

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif di Lingkungan Kerja yang Terus Berkembang: Kunci Keberhasilan Kepemimpinan Dalam menghadapi lingkungan kerja yang terus berkembang, pemimpin harus beradaptasi dengan cepat,

Read More »
Scroll to Top