Sekolah Bisnis Online

Tips Meningkatkan Efektivitas Iklan di Facebook

Facebook

Setelah mengetahui cara untuk melakukan iklan di Facebook. Kurang lengkap rasanya kalau tidak melakukan optimalisasi dalam beriklan. Dengan begitu nilai konversi yang dilakukan juga pasti akan meningkat.

Berikut ada beberapa tips untuk membuat iklan efektif facebook yang banyak dilihat audience:

  1. Buat Konten yang Relevan

    Dalam setiap digital marketing, konten adalah hal paling penting yang wajib kamu perhatikan dengan seksama. Pastikan konten kamu relevan dengan tren atau isu hangat saat ini, terutama bagi target iklan kamu. Sebab, mayoritas pengguna media sosial adalah orang-orang yang takut ketinggalan tren (FOMO). Sehingga kamu bisa membuat konten marketing yang relevan untuk memancing perhatian mereka.

    Selain konten yang relevan, kamu juga bisa membuat konten yang informatif, inspiratif, bersifat educational, serta memancing emosional audiens. Sebab, survei menunjukkan bahwa 80% orang lebih menyukai konten dengan tema seperti itu ketimbang konten yang terkesan memberi paksaan untuk membeli produk.

  2. Bidik Target Berkualitas

    Apabila kamu memiliki sejumlah daftar email aktif, maka kamu dapat memanfaatkannya untuk target likers selanjutnya. kamu bisa menggunakan Ads Sponsored Search atau Ads Marketplace. Namun, jika kamu memiliki daftar email yang berkualitas namun jumlahnya sedikit, kamu dapat membidik target-target berkualitas lainnya dengan menggunakan fitur create similar audience pada menu power editor. Dengan begitu, kamu bisa membidik target-target berkualitas yang masih berada di luar jangkauan.

    Beberapa contoh pengelompokkan target pasar di facebook yang dimaksudkan seperti ini:

  • Jenis kelamin: Laki-laki atau perempuan, berapa persentase untuk keduanya.
  • Usia: berapa usianya, apakah 20-an, 30-an, 40-an atau 50-an?
  • Tingkat pendidikan: Apakah target kamu pelajar (SMA, SMK, atau kuliah)?
  • Penghasilan: Berapa stkamur pendapatannya?
  • Pekerjaan: apakah untuk mereka yang sudah bekerja, jika iya apa pekerjaan yang sekiranya cocok untuk produk kamu.
  • Relationship: status target pasar yang cocok untuk produk kamu, apakah yang masih sendiri, menduda atau yang sudah menikah?
  • Lokasi: Di kota apa, di wilayah mana, tinggal di perumahan apa, rumahnya tipe apa, kerja atau sekolah di wilayah mana, dan lain sebagainya.
  • Hobi & olahraga: Apa ketertarikan mereka, klub sepak bola apa yang mereka gemari, kegiatan apa yang mereka sukai?
  • Ketertarikan: Biasanya terkait dengan tokoh idola, musik, buku dan gaya hidup.
  • Dan lain sebagainya
  1. Targetkan Konsumen Kompetitor

    Tips selanjutnya adalah kamu dapat menargetkan konsumen kompetitor atau pesaing. Caranya, kamu bisa memanfaatkan precise interest untuk menargetkan pelanggan yang potensial dengan jangkauan yang lebih luas. Misalnya kamu memiliki bisnis penjualan fashion, maka kamu dapat membidik fanpage dengan konsumen-konsumen fashion populer. Semakin banyak share yang kamu hasilkan, maka semakin banyak pula orang yang mengenal bisnis kamu.

  2. Promosikan Konten dengan Kinerja Terbaik

    kamu bisa menggunakan analisis data untuk mengetahui konten mana yang sekiranya memiliki performa terbaik secara organik. Kemudian gunakan Facebook Ads untuk memperkuat konten tersebut. Jika konten tersebut memberikan kinerja yang baik secara organik, maka kemungkinan besar konten itu akan menunjukkan performa yang lebih baik dengan versi berbayar.

  3. Analisis Hasil

    Pada dasarnya semua strategi membutuhkan analisa untuk mengetahui kinerjanya. Begitu pula dengan Facebook Ads. kamu bisa mempelajari reaksi dan minat audiens. Termasuk komentar dan engagement rate untuk setiap konten. Konten video biasanya akan memberikan lebih banyak data, termasuk waktu rata-rata menonton para audiens. Gali analitik untuk melihat konten dengan kinerja terbaik berdasarkan target audiens. Kemudian cermati karakteristik konten yang audiens sukai. Selanjutnya, kamu bisa fokus melakukan promosi konten yang menarik bagi audiens.

    Demikian adalah tips memaksimalkan Facebook Ads yang bisa kamu coba. Semoga tips tersebut dapat membantu kamu untuk memaksimalkan strategi pemasaran sekaligus meningkatkan sales growth bisnis.

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan layanan digital marketing dari Grapadi Business yang dapat membantumu dalam mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Recent Post

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif

Mengelola Tim dengan Efektif di Lingkungan Kerja yang Terus Berkembang: Kunci Keberhasilan Kepemimpinan Dalam menghadapi lingkungan kerja yang terus berkembang, pemimpin harus beradaptasi dengan cepat,

Read More »
Scroll to Top