Sekolah Bisnis Online

Mengenal Manfaat Menggunakan Artificial Intelligence dalam Marketing

Artificial Intelligence

Apa sih Artificial Intelligence Marketing itu?

 Artificial Intelligence atau dikenal dengan AI kini kehadirannya sudah memimpin di hampir seluruh industri. Mengetahui kelebihan yang sangat berguna dalam bisnis saat ini para instansi atau perusahaan mengadopsi AI dalam kegiatan bisnisnya untuk dapat meningkatkan performa dan produktivitas bisnis mereka.

Kekuasaan yang dimiliki AI menjadi bentuk investasi dalam pemasaran atau marketing. Dengan perkembangan teknologi dan inovasi yang dibuat berdasarkan dari data yang diolah dan didapat, Artificial Intelligence Marketing merupakan salah satu revolusi pemasaran di masa depan dan menjadi topik yang berkembang di era digital ini. 

Artificial Intelligence Marketing merupakan pemanfaat metode kecanggihan teknologi untuk mengumpulkan data, wawasan pelanggan, memprediksi langkah selanjutnya di masa depan, dan juga otomatis dalam membuat keputusan pemasaran.

Dampak AI sendiri sangatlah besar terutama dalam marketing digital, karena marketing menggunakan AI memungkinkan marketer dapat mengolah data yang besar dalam waktu yang relatif cepat.

Contoh Penerapan AI Marketing 

AI digunakan dalam studi kasus pemasaran di berbagai jenis industri seperti keuangan, pemerintahan, hiburan, perawatan kesehatan, toko retail, dsb. Nah berikut contoh-contoh penerapan artificial intelligence marketing di bidang industri.

  1. AI yang Terdapat pada Chatbots dan Conversational Experience

    Perkembangan pemrosesan bahasa menggunakan AI pada chatbot semakin mempermudah dalam menambah agen layanan pelanggan. Pelanggan dengan pertanyaan yang biasa ditanyakan akan mudah dijawab dan diarahkan ke chatbot agar informasi yang dicari lengkap dan akurat.

    Contoh program chatbot yang telah dilengkapi ini ada pada chatbot milik Telkomsel yaitu veronika. Veronika diprogram dengan tujuan menjawab pertanyaan dan keluhan para pelanggan Telkomsel pada aplikasi seperti LINE, Telegram, dan Facebook Messenger.

  2. AI yang Terdapat pada Sistem yang Dapat Memprediksi Pemasaran

    Dengan begitu banyak data yang di dapatkan, terkadang tim pemasaran pada suatu perusahaan mengalami kesulitan untuk menganalisa data-data yang didapatkan. AI memungkinkan tim pemasaran untuk memaksimalkan data ini untuk dianalisa secara prediktif yang memanfaatkan berbagai macam metode pembelajaran seperti algoritma, model, dan pengumpulan data. Sehingga data yang dikumpulkan dapat diprediksi mengenai perilaku atau keputusan seperti apa yang akan terjadi di masa depan.

    Sebagai contoh, situs e-commerce besar di dunia yaitu Amazon menggunakan AI untuk analitik prediktif mengenai rekomendasi seperti apa yang dapat diberikan ke konsumen berdasarkan riwayat perilaku pembelian sebelumnya.

Perbedaannya dibandingkan model marketing biasa adalah penggunaan komputer dan algoritma yang lebih pesat. Ada sejumlah keuntungan yang dapat diperoleh dengan menerapkan AI Marketing. Seperti beberapa contoh berikut ini:

  • Promosi lebih strategis

    Teknologi AI dapat membantu perusahaan dalam menganalisis jenis dan target promosi yang lebih strategis. Akses terhadap data yang luas juga memungkinkan perusahaan untuk menggali potensi yang lebih besar melalui pencarian kata kunci, profil pengguna, maupun data online lainnya.

  • Lebih efisien

    Di masa depan, perusahaan dapat memanfaatkan teknologi bot AI untuk menjalankan fungsi customer service sehingga pengeluaran dari segi biaya maupun waktu dapat diminimalisasi. Teknologi bot juga akan dilengkapi dengan akses informasi dan riwayat pencarian internet yang membuat kinerjanya lebih efisien.

  • Hemat budget

    Tahukah kamu bahwa artificial intelligence akan membantumu untuk menghemat anggaran pemasaran? Targetable jauh lebih murah dan didukung AI untuk memberi kamu ROI sebaik mungkin. AI otomatis menghemat waktu dan biaya pemasaran, sekaligus menjadikan pengalaman pelanggan lebih personal dan efisien.

Artificial intelligence dalam bidang marketing dapat memudahkan perusahaan dalam menjalankan berbagai fungsi yang memakan waktu dan sumber daya. Teknologi ini juga dapat mengubah wajah ekonomi dengan merancang produk-produk dan model bisnis baru berdasarkan potensi yang seringkali luput dari pemantauan manusia.

Nah bisnismu udah siap belum nih untuk menjalankan skema AI Marketing?

Recent Post

Scroll to Top